STRATEGI PENGGUNAAN NOTEBOOK DALAM PEMBELAJARAN PAI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTsN 2 BIMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34752Keywords:
Notebook, Pendidikan Agama Islam, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi penggunaan notebook dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta menganalisis dampaknya terhadap motivasi belajar siswa kelas VII.1 di MTsN 2 Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru PAI dan 31 siswa kelas VII.1 MTsN 2 Bima. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan notebook dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar karena materi disajikan secara menarik dan interaktif. Strategi pembelajaran yang efektif meliputi penggunaan notebook untuk mencatat digital, membuat mind map, refleksi pembelajaran, hingga proyek kreatif seperti video dan presentasi. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam memandu pemanfaatan notebook agar pembelajaran tetap terarah dan bermakna.
Downloads
References
Akhyar, Muaddyl, Junaidi Junaidi, Supriadi Supriadi, Susanda Febriani, and Ramadhoni Aulia Gusli. 2024. “Implementasi Kepemimpinan Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi Di Era Digital.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 18(6):4234–48. doi: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3855.
Fahrurrozi, and S. Mulyani. 2021. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di MTs.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 8(2):132–45.
Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Jainiyah, Jainiyah, Fuad Fahrudin, Ismiasih Ismiasih, and Mariyah Ulfah. 2023. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2(6):1304–9. doi: https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284.
Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.
Legi, Hendrik, and Antonius Wamo. 2023. “Merdeka Mengajar Di Era Digital.” PEDAGOG Jurnal Ilmiah 1(1):16–20. doi: https://doi.org/10.71387/pji.v1i1.50.
Masbur, Masbur. 2023. “Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tarbiyatul Aulad 9(1).
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.”
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Warisno, Andi. 2021. “Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam.” An Nida 1(1):1–8. doi: https://journal.an-nur.ac.id/index.php/jp1.
Wiyono, Mohd. 2025. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1(1):1–7. doi: https://doi.org/10.63477/jupendia.v1i1.203.
Yusuf, Muhammad. 2024. “Implikasi Teknologi Pendidikan Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Efektivitas Dan Keterlibatan Siswa.” Ad-Dirasatul Islamiyyah: Journal Of Islamic Studies 1(1):60–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
						















