STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA MTs MATAJANG, KABUPATEN MAROS

Authors

  • Nur Azizah Universitas Muslim Indonesia
  • M Akil Universitas Muslim Indonesia
  • Muh Azhar Burhanuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Hasriani Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34979

Keywords:

Strategi Guru, Akidah Akhlak, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Akidah Akhlak dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik kelas IX di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Matajang Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik tergolong cukup baik, ditandai dengan meningkatnya kesadaran dalam menaati tata tertib, datang tepat waktu, serta melaksanakan tanggung jawab belajar. Strategi yang diterapkan guru Akidah Akhlak meliputi keteladanan, pembiasaan, pendekatan persuasif, pemberian penguatan positif, dan sanksi edukatif. Keteladanan guru menjadi faktor paling dominan dalam menanamkan nilai disiplin, karena peserta didik cenderung meniru perilaku positif guru dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung keberhasilan pembinaan antara lain lingkungan sekolah yang religius, peran kepala madrasah, serta dukungan kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambat meliputi kurangnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan luar sekolah, dan lemahnya kontrol diri peserta didik. Dengan demikian, strategi guru Akidah Akhlak memiliki peran signifikan dalam membentuk kedisiplinan peserta didik, baik secara eksternal melalui aturan maupun secara internal melalui kesadaran spiritual, sehingga pembinaan berkelanjutan dan kerja sama dengan keluarga sangat diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, and Mina Marlina. 2025. “Penerapan Kedisiplinan Strategi Guru Dalam Pengelolaan Peserta Didik.” Aliyyah, Rusi Rusmiati, and Mina Marlina 16(1):34–51. doi: https://doi.org/10.30997/jsh.v16i1.12299.

Alwaidin, Alif, Feny Wanda Waguna, Reisya Maharani, and Arifah Lailatul Hikmah. 2025. “Analisis Kebijakan Reward Dan Punishment Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Di SMP Islam Asshiddiq Bone.” Jurnal Mappesona 8(2):88–96. doi: https://doi.org/10.30863/mappesona.v8i2.5957.

Amri, Muhammad, and Andi Baso Muammar Assad. 2020. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX MTs As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo.” Inspiratif Pendidikan 9(1):1–12. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277.

Arodani, Moh Pudali, Ali Armadi, and Zainuddin Zainuddin. 2025. “Analisis Faktor Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 6(2):266–74. doi: https://doi.org/10.54371/ainj.v6i2.867.

Asyiyah, Ilma Nur, Faiz Firdaus, Intan Anisa Fauziah, Rafa Riansyah, M. Raid, and Muhamad Parhan. 2025. “Peran Adab Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9(1):11–17.

Harahap, Jekson Parulian, and Enny Nazrah Pulungan. 2025. “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMP Muhammadiyah 48 Medan.” Indonesian Journal Of Education 1(3):168–77. doi: https://doi.org/10.71417/ije.v1i3.255.

Lora, Haditya Aprita. 2024. “Gambaran Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Inovasi Guru Indonesia 1(2):37–44. doi: https://doi.org/10.63202/jigi.v1i2.36.

Lubis, Bella Ananda, Nursalimah Nursalimah, and Ahmad Habin Sagala. 2024. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11(4):731–64. doi: https://doi.org/10.69896/modeling.v11i4.2822.

Maisyanah, Maisyanah, Nailusy Syafa’ah, and Siti Fatmawati. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 1(2):15–30.

Mubarok, Ahmad, and Heri Rajmi. 2024. “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Manba’ul Ulum Kabul Praya Barat Daya Lombok Tengah.” TSIQOH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(2):745–65.

Nufiar, Nufiar, and Miftahul Jannah. 2020. “Kompetensi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 15(2):1–18. doi: https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.15.

Safitri, Dina Fahri Yani, M. Ali Sibram Malisi, and Saudah Saudah. 2025. “Strategi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMK Karsa Mulya Kota Palangka Raya.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8(3):3291–96. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7475.

Sanjaya, W. 2020. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyudi, Muhamad, and Nasrul Wathon. 2020. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Siswa.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12(2):195–205. doi: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563.

Wasliman, Eva Dianawati. 2023. “Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Manajemen Kelas Dan Kompetensi Komunikasi Guru Yang Humanis.” Khazanah Pendidikan 17(2):443–53. doi: https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18552.

Downloads

Published

2025-11-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>