PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS HIKAYAT DENGAN TEKS CERPEN SISWA FASE E SMKN 1 KOTO BARU

Authors

  • Elka Dola Safitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Dina Ramadhanti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahayu Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32447

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membandingkan teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E di SMKN 1 Koto Baru. Ketidakpahaman siswa dengan materi teks hikayat dan teks cerpen terutama struktur dan kaidah kebahasaan menyebabkan siswa merasa kesulitan ketika diminta untuk membandingkan teks hikayat dan teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode SQ3R.terhadap pembelajaran membandingka teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E SMKN 1 Koto Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diolah berupa angka. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan rancangan penelitian adalah one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa fase E SMKN 1 Koto Baru. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ialah kelas X Agriter 2 yang terdiri dari 22 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes esai kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan membandingkan teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E SMKN 1 Koto Baru. Berdasarkan uji Hipotesis yang telah dilakukan diketahui Thitung = 5,97 dan Ttabel = 1,72 untuk α = 0,05 dan n=22. Kesimpulannya H0 ditolak karena Thitung ˃Ttabel. Dengan demikian, penerapan metode SQ3R memberikan pengaruh terhadap kemampuan emampuan membandingkan teks hikayat dengan teks cerpen siswa fase E SMKN 1 Koto Baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

metode SQ3R mampu memberikan

pengaruh positif terhadap

kemampuan membaca pemahaman

tingkat lanjut, khususnya dalam

kegiatan membandingkan dua jenis

teks sastra. Peningkatan tersebut

relevan dengan pendapat Dalman

(2013) bahwa membaca pemahaman

melibatkan proses menghubungkan

informasi baru dengan pengetahuan

yang sudah dimiliki pembaca,

sehingga membutuhkan strategi

membaca yang sistematis.

Pada tahap awal (pretest), banyak

siswa mengalami kesulitan dalam

mengidentifikasi karakterisasi, alur,

dan kaidah kebahasaan teks hikayat

dan cerpen. Kesulitan terbesar

terdapat pada teks hikayat, terutama

dalam memahami bahasa kuno

(arkhais) dan menguraikan alur cerita

yang panjang. Hal ini sejalan dengan

pernyataan Kosasih (2019) bahwa

hikayat sebagai karya sastra Melayu

klasik memiliki ciri bahasa yang jarang

digunakan pada masa kini dan sering

memuat unsur kemustahilan,

sehingga pembaca pemula

memerlukan bimbingan intensif untuk

memahaminya. Sementara itu, pada

teks cerpen, siswa cenderung lebih

mudah memahami isi cerita karena

bahasa yang digunakan lebih modern

dan alurnya lebih sederhana

(Hidayati, 2009). Namun, ketika

diminta membandingkan kedua teks,

banyak siswa belum mampu

menyajikan perbedaan dan

persamaan secara terstruktur.

Penerapan metode SQ3R dalam

pembelajaran mampu mengatasi

sebagian besar permasalahan

tersebut. Pada tahap survey, siswa

dilatih untuk membaca sekilas isi teks

dan mengenali unsur-unsur penting,

sehingga mereka memiliki gambaran

awal sebelum membaca secara

mendalam. Hal ini sesuai dengan

pendapat Krismanto et al. (2015) yang

menyatakan bahwa survey membantu

pembaca mengaktifkan skemata atau

pengetahuan awal untuk

memudahkan pemahaman bacaan.

Tahap question mendorong siswa

untuk menyusun pertanyaan kritis

terhadap isi teks, misalnya

“Bagaimana perbedaan alur pada

hikayat dan cerpen?” atau “Mengapa

gaya bahasa hikayat sulit dipahami?”.

Langkah ini selaras dengan teori

Ngalimun (2022) bahwa pembelajaran

membaca akan lebih efektif jika siswa

memiliki tujuan atau fokus pencarian

informasi sebelum membaca.

Pada tahap read, siswa membaca

teks secara intensif untuk menjawab

Downloads

Published

2025-09-01