PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 4 PAINAN

Authors

  • Anggun Gusti Pratama Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Dina Ramadhanti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Trisna Helda Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32626

Abstract

This study aims to determine the ability to write exposition texts of class VIII students of SMPN 4 Painan before the implementation of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. To determine the ability to write exposition texts of class VIII students of SMPN 4 Painan after the implementation of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. To analyze the effect of using the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model on the ability to write exposition texts of class VIII students of SMPN 4 Painan. This type of research is quantitative research using experimental methods. The design of this study is One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study was all class VIII students of SMPN 4 Painan. The sample in this study was class VIII.1, totaling 20 people. The data in this study were scores on the ability to write exposition texts of class VIII students of SMPN 4 Painan after the implementation of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. The results of this study can be concluded that the learning outcomes of the ability to write expository texts of grade VIII students of SMPN 4 Painan using the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model, or a probability below α 0.05 (0.000 < 0.05), from these results it can be seen that Ho is rejected and Ha is accepted.   Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Writing Ability, Expository Text

Downloads

Download data is not yet available.

References

menulis. Siswa juga menunjukkan

peningkatan minat dan motivasi

dalam menyelesaikan tugas menulis

teks eksposisi. Secara umum, aspek

perhatian, perasaan, dan respon

siswa berada pada kategori tinggi.

5. Uji Hipotesis

Uji hipotesis dilakukan untuk

mengetahui apakah terdapat

pengaruh penggunaan model CIRC

terhadap kemampuan menulis teks

eksposisi. Peneliti menggunakan uji-t

sampel berpasangan (paired sample

t-test) dengan bantuan SPSS 25.

Tabel 4. Ringkasan Uji Hipotesis

Statistik Pretest Posttest

Mean 64,75 83,30

N 20 20

Std. Dev. 6,38 4,20

Hasil uji paired sample t-test

menunjukkan nilai t hitung sebesar -

12,142 dengan signifikansi (Sig 2-

tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini

berarti hipotesis Ha diterima dan Ho

ditolak. Dengan demikian, dapat

disimpulkan bahwa penerapan model

CIRC berpengaruh signifikan

terhadap kemampuan menulis teks

eksposisi siswa kelas VIII SMPN 4

Painan.

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian

dapat disimpulkan bahwa penerapan

model Cooperative Integrated

Reading and Composition (CIRC)

berpengaruh signifikan terhadap

kemampuan menulis teks eksposisi

siswa kelas VIII SMPN 4 Painan. Hal

ini dibuktikan dengan rata-rata nilai

posttest sebesar 83,3 yang lebih

tinggi dibandingkan rata-rata nilai

pretest sebesar 64,75 serta hasil uji

hipotesis dengan nilai signifikansi

0,000 < 0,05. Selain itu, aktivitas

siswa selama pembelajaran juga

menunjukkan peningkatan pada

aspek perhatian, motivasi, dan

respon positif, sehingga model CIRC

terbukti efektif untuk meningkatkan

kemampuan menulis teks eksposisi.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2016. Keterampilan

Menulis. PT Rajagrafindo

Persada: Jakarta

Devi Nurina Purba Tanjung, Marlina

Agkris Tambunan, & Vita Riahni

Saragih. (2022). Pengaruh

Model Pembelajaran

Cooperative Integrated Reading

and Composition (CIRC)

terhadap Kemampuan Menulis

Teks Eksposisi oleh Siswa

Kelas VIII SMP Negeri 7

Pematangsiantar. Pedagogika:

Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan,

Downloads

Published

2025-08-31