STRATEGI GURU PENDIDIKAN ADAB TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI MTs AL-BASHIRAH, MAKASSAR

Authors

  • Dian Ilham Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Syahrul Universitas Muslim Indonesia
  • Bambang Sampurno Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32063

Keywords:

Strategi Guru, Pendidikan Adab, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Adab dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VIII C di MTs Al-Bashirah Makassar serta dampak yang dihasilkan dari penerapan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Adab menerapkan strategi pembelajaran yang jelas dan mudah dipahami, memberikan keteladanan, penghargaan, serta melakukan evaluasi setelah pembelajaran. Selain itu, guru senantiasa memberikan nasihat dan motivasi baik di dalam maupun di luar kelas, menerapkan metode problem solving, memberikan perlakuan khusus bagi peserta didik yang bermasalah, serta membangun komunikasi dengan orang tua peserta didik. Dampak dari pembelajaran Pendidikan Adab melalui strategi tersebut terlihat pada pembentukan karakter peserta didik, antara lain beradab kepada orang tua, guru, teman, dan masyarakat; menerapkan adab sehari-hari seperti makan, minum, belajar, dan berpakaian; bersikap sopan, jujur, bertanggung jawab, sabar, menjaga lisan, percaya diri, bijaksana, serta peduli terhadap sesama. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan strategi guru Pendidikan Adab yang tepat dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter positif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyiyah, Ilma Nur, Faiz Firdaus, Intan Anisa Fauziah, Rafa Riansyah, M. Raid, and Muhamad Parhan. 2025. “Peran Adab Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9(1):11–17.

Endrayanti, Yunita Ratnasari, Amrozi Khamidi, Murtadlo Murtadlo, Nunuk Hariyanti, and Sri Setyowati. 2024. “Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, Dan Dukungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar.” Journal of Education Research 5(3):2530–39. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1068.

Illahi, Fazrin Firzinia, Muhammad Fahri, and Ikhwan Hamdani. 2022. “Peran Adab Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa MA Negeri 2 Kabupaten Bogor.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(5):5659–66. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7572.

Jamil, Muhtar, Dedi Setiawan, and Jaenullah Jaenullah. 2025. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Kelas IX Di Era Digital Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lampung Utara.” Jurnal Al-Qiyam 6(1):208–17. doi: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v6i1.462.

Julismawati, Julismawati, and Nur Eliana. 2024. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 10(3):255–59. doi: https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p255-259.

Khoiri, Ahmad, Evi Susilawati, Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma, Eko Suharyanto, Teti Sumarni, Regina Yoantika Natalie, Rihfenti Ernayani, and Khasanah. 2023. Konsep Dasar Teori Pendidikan Karakter. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Lilena, Husna Ameilia, Septiawadi Kari Mukmin, and Abuzar Al-Ghifari. 2024. “Nilai-Nilai Adab Penuntut Ilmu Dalam Al-Qur’an: Analisis Interpretasi QS. Al-Kahfi Dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 4(2):646–64. doi: https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24210.

Lubis, Hasnita Br. 2024. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kualitas Pendidikan 2(3):358–62.

Madyarini, Dyan Desi, and Dwi Wijayanti. 2025. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia 4(2):146–58. doi: https://doi.org/10.56916/jipi.v4i2.1957.

Putra, Bintang Ridzky Dwi, Saila Rahma Annisa Nasution, and Tengku Darmansah. 2025. “Peran Guru Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Bagi Perkembangan SDM Di Sekolah.” Ebisnis Manajemen 3(1):75–85. doi: https://doi.org/10.59603/ebisman.v3i1.666.

Sholeh, Slamet, and Mimin Maryati. 2020. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6(2):212–17. doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203.

Ummya, Faizatul. 2023. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal As-Said 3(1):61–70.

Downloads

Published

2025-08-20

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>