MENINGKATKAN MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEWARGANEGARAAN EKOLOGIS MENGGUNAKAN MODEL PANDAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.31830Keywords:
motivation, critical thinking, learning outcomes civics and PANDAI learningAbstract
Activities, motivation, critical thinking skills, ecological citizenship, and learning outcomes of fifth grade students of SDN Surgi Mufti 4 in Civics learning are still low. This study aims to describe student activities and examine the increase in motivation, critical thinking skills, ecological citizenship, and student learning outcomes through the application of the PANDAI learning model. Through 4 meetings of Classroom Action Research (PTK), there was an increase in student activity reaching 94%, learning motivation reaching 94%, critical thinking skills 97%, and ecological citizenship also 97%. Classical learning completeness reached 91% at meeting IV. This finding shows that the quality of the process and learning outcomes of students increased in Civics subjects with the application of the PANDAI learning model which proved to be effective.
Downloads
References
Abdullah, A., & Munawwaroh, F. (2024). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio, 10(1), 155–162. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6313
Adawiyah, R., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 58–69. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss3.1121
Ananda, H., & Riandy Agusta, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis TerhadapPembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.
Baharas, V. R. S., Jannah, F., Agusta, A. R., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Panting Di Sekolah Dasar. Science : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 229–238. https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3193
Chandra, H. A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Karakter Disiplin Menggunakan Model Paten Pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam 11. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 110–122.
Desy Rahmayati, Fathul Jannah, Akhmad Riandy Agusta, & Ari Hidayat. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Rasa Ingin Tahu, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Pada Peserta Didik Menggunakan Model Provit Di Kelas Iv SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 1(2), 99–111. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.65
Dihyatul Qalbi, M., Riandy Agusta, A., Jannah, F., Rafianti, W. R., Guru, P., Dasar, S., Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Konseling (JPDSK), 02(4), 1277–1285.
Fransiska, N., Agusta, A. R., & Rafianti, W. R. (2024). Improving Activities and Learning Outcomes with The SENANG Model in Primary Students. Journal Of Foreign Language Learning and Teaching, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.23971/jfllt.v4i1.8657
Hafizan, M., & Suriansyah, A. (2025). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 3(1), 1–10. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras
Hafizhah, Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2025). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pendidikan di Sekolah Dasar. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 94–101. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.649
Halimah, L., & Nurul, S. F. (2020). Refleksi terhadap kewarganegaraan ekologis dan tanggung jawab warga negara melalui program ecovillage. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 142–152. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.28465
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi), 1(1), 1–11. https://altinriset.com/journal/index.php/jkpp
Harun Puling, Efiana Manilang, & Mozes Lawalata. (2024). Logika dan Berpikir Kritis : Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 2–2.
Irawanti, H. P., & Rini, T. P. W. (2023). Implementasi Model PBL, PAP Dan MAKE A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 401–406.
Jannah, F., Aslamiah, Noorhafizah, & Novitawati. (2025). Strategies for Fostering a Child-Friendly Culture in Elementary School Environments. 4(6), 1587–1596.
Madina, R., Rafianti, W. R., Aslamiah, A., & Noorhapizah, N. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 473–484. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i3.77085
Mardiaha, H., & Rafianti, W. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Panting. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 592–597. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Mariyani. (2017). Strategi Pembentukan Kewarganegaraan Ekologis. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 10–17.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nabilla, L., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 884–889.
Najah, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PENTAS Pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 635–643.
Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1158–1172. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/557/501
Nazar, M., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Menggunakan Model Project Based Learning , Jigsaw dan Talking Stick di Kelas IV SDN Antasari 2 Amuntai. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 123–129. https://doi.org/Vol. 2 No.1 April https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Prastitasari, H., & Norhidayah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Kombinasi Model PBL, TALKING STICK, Dan TGT Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 01(03), 436–442.
Rafianti, W. R., Rini, T. P., & Barlian. (2024). PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model PBL , NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 533–546.
Rahmasafitri, D., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Perbandingan Efektivitas Penggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Direct Instruction (DI) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas Tinggi pada Mata Pelajaran Matematika. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2171–2177. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.588
Rivaldi, A., & Puteri Ramadhani, S. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pkn Dalam Membentuk Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4006–4019. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7023
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 47–62. https://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/5
Sela Ayu Rustiya, & Sutrisno. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Kewarganegaraan Ekologis. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(2), 129–140.
Wahyudi, G. F., & Suriansyah, A. (2024). Analisis Efektivitas Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 2(4), 2270–2278. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















