MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL LANTING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Evi Iska Meiliana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Raihanah Sari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16542

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa muatan matematika menggunakan model pembelajaran LANTING di kelas V SDN 2 Batu Meranti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua kali siklus. Satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan data melalui teknis tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Batu Meranti sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwasanya keterampilan berpikir kritis siswa secara klasikal mencapai persentase 100% dengan kriteria semua siswa sangat terampil dan pada hasil belajar siswa secara klasikal mencapai persentase 88% dengan kriteria tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan model LANTING dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari hasil peneliitian ini yaitu dengan mengguakan model pembelajaran LANTING, dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Batu Meranti.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-19