Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Paccinongang Unggulan

Authors

  • Muhammad Zulfikar Sadrah Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Sella Mawarni Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29737

Keywords:

Media Pembelajaran, Gamifikasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Siswa Kelas V

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis gamifikasi dengan memanfaatkan fitur presentasi Canva pada materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Paccinongang Unggulan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, dengan melibatkan validasi oleh ahli materi, ahli media, serta uji coba produk kepada siswa. Instrumen penelitian berupa angket, observasi, dan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur kelayakan media, tingkat motivasi, dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media gamifikasi berbasis presentasi Canva pada materi IPAS. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak menurut penilaian ahli materi, ahli media, dan guru. Uji coba produk menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media berbasis gamifikasi dan presentasi Canva, yang dibuktikan melalui hasil pretest dan posttest serta analisis statistik Paired Samples T-Test. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis gamifikasi yang memanfaatkan fitur presentasi Canva pada materi IPAS ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD, serta dapat dijadikan alternatif inovatif dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna di lingkungan sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. (2020). Gamifikasi untuk Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 144–149. https://doi.org/10.21009/jpi.032.09

Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., & Diva, S. A. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. 5(1), 1–10.

Fransisca, M., Yunus, Y., Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Practicality of e-learning as learning media in digital simulation subjects at vocational school in Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 12077.

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Nurhikmah, H. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI MATA KULIAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 338–350.

Nurmelati, M. (2022). PENERAPAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMKN 1 PURWASARI. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2(4), 339–345.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Peraturan Pemerintah, R. I. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta.

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Valentinna, C. R., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). Media Belajar Gamifikasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 8(3), 1722–1732.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Downloads

Published

2025-08-02