EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28906Keywords:
Bimbingan Kelompok, Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan, Permainan EdukatifAbstract
Rendahnya disiplin siswa terlihat dari seringnya melanggar tata tertib sekolah, seperti datang terlambat, membolos, dan pakaian yang tidak sesuai aturan. Padahal dengan adanya disiplin bisa membuat seseorang memiliki perasaan patuh dan taat serta lebih bertanggung jawab untuk mengatur kehidupan pribadi maupun kelompok. Penelitian sebelumnya menunjukkan perubahan yang signifikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasii efektif untuk meningkatkan kedisiplinan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok melalui media permainan edukatif untuk mengembangkan kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif eksperimen dengan One Group Pre-test Post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok melalui media permainan edukatif efektif untuk mengembangkan kedisiplinan siswa dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon diketahui Z hitung yang diperoleh yaitu -2,670 dan nilai signifikansinya diperoleh sebesar 0,008. Dapat diketahui Asymp.Sig (2-tailed) 0,008 lebih kecil dari nilai 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok melalui media permainan edukatif yang artinya bimbingan kelompok melalui media permainan edukatif efektif untuk mengembangkan kedisiplinan siswa SMK.Downloads
References
Annisya Diannita. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1).
Dhamayanti, M., Ilmu, D., Anak, K., Sakit, R., & Sadikin, H. (2021). Bullying: Fenomena Gunung Es di Dunia Pendidikan (Vol. 23, Issue 1).
Dr. Yusuf Tojiri, M. M. , H. S. P. S. E. , M. Si. , Dr. N. F. S. E. , M. Si. (2023). Dasar Metodologi Penelitian: Teori, Desain, dan Analisis Data. TAKAZAINNOVATIXLABS.
Melandi Oktari, Syawaluddin Syawaluddin, & Itrawati Itrawati. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bullying bagi Siswa Kelas VIII.5 SMP N 1 Kec. Payakumbuh. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i1.2040.
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892.
Rini, M. P., & Iswara, A. (2020). Effectiveness of Group Counseling Role Playing Techniques to Reduce Student Bullying Behavior.
sandrina shafa mulia. (2024). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing dalam Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 2).
siti nur elisa lusiana. (2022). DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN SEORANG ANAK. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman.
Vindhian Ningtyas, P., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 2774–7921.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.