KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI 06 PALEMBANG

Authors

  • nenisafitri Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28783

Keywords:

Kata Kunci: kemampuan, konsep, matematika, pemahaman, pecahan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi pecahan. Pemahaman konsep merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika, karena menjadi dasar bagi siswa untuk memahami materi secara menyeluruh dan menyelesaikan soal dengan pendekatan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas III pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subjek sebanyak 25 siswa kelas III-C SD Negeri 06 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes tertulis yang dirancang untuk mengukur pemahaman konsep siswa terhadap materi pecahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase kemampuan pemahaman konsep siswa adalah sebesar 66,11%, yang termasuk dalam kategori sedang. Artinya, secara umum siswa telah memahami konsep dasar matematika, namun belum menguasai materi secara menyeluruh. Sebagian siswa menunjukkan pemahaman konsep yang tinggi, seperti kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh, merepresentasikan konsep dalam berbagai bentuk, serta menyelesaikan soal dengan benar. Meskipun demikian, masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan, khususnya dalam menerapkan konsep secara algoritmik dan dalam mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R., Khasanah, B. A., Nurmitasari, Sutriningsih, N., & Nurhasanah, D. (2024). Pengenalan Media Pembalajaran Berbasis Karakter Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. Litera Abdi: Jurnal Pengab

Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2),.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796

Fauzi, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3),.

Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Sd 1 Barongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 205-211.

Gusmaina. (2020). Indikator Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231- 234.

Hariati, I. N., Khotimah, N., Khoiriyah, S., & Putri, T. E. K. K. (2023, October). Systematic Literature Review (SLR): Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, No. 1, pp. 73-86). Pengertian pemahamn konsep (kajian teori)

Hernaeny. (2021). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. Https://Doi.Org/10.36526/Tr.V7i1.2854

Latifah. (2023). Bab 4 Kerangka Berpikir Dan Kerangka Konsep. Metodologi Penelitian Kesehatan, 80.

Mutmainna, M., Asfar, A. I. T., Asfar, A. I. A., FA, A. N., Riska, R., & Handayani,R. (2023). Pemahaman Konsep Siswa Bernuansa Etnomatematika Berbasis Permainan Ethnogames 3D.

Nisa & Rayungsari, R. (2024). Pembelajaran matematika di sekolah dasar. Cirebon: Edutrimedia Indonesia

Pamungkas, M. (Ed.). (2020). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.

Radiusman, N. (2008). Pemahaman konsep berbagai situasi matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 1-234

Ruqoyyah (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Reseliensi Matematika Dan Vba Microsofi Ekxcel,. Jl. Ipik Ganda Manah No 21 Kelisereu, Kewarkarta 41116

Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ii Sd Melalui Metode Jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1101- 1111.

Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara Dan Kuesioner. Jisosepol: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39-47.

Sari, N. W., (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN 95 Palembang. Universitas PGRI Palembang, Hal 11.

Suardi, S., Hakim, L. El, & Axiz, T. A. (2022). Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.20

Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar

Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106-111.

Sohilait, C. A., Leimena, H. E. P., Sahertian, D. E., & Ukratalo, A. M. (2021). Innovation for Community Service Journal. Innovation for Community Service Journal, 2(1), 56–6

Yahya (2023). Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar

Zahra. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Sds It Cinta Islam Padang. Pendas: Jurnal Ilmiah

Downloads

Published

2025-08-03