PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 29 PRABUMULIH

Authors

  • Agnes Apriza Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.27503

Keywords:

Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan membaca permulaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar tergadap kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 29 Prabumulih. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Populasi dan Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas I SD Negeri 29 Prabumulih sebanyak 30 orang. Teknik analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikan pretest 0.176 dan posttest 0,199 lebih dari 0,05 artinya data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitasnya adalah 0,961 lebih dari (>) 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa data yang di uji sesuai kriteria dan data merupakan data homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 29 Prabumulih. Terlihat dari nilai signifikan kemampuan membaca permulaan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025 (0,000 < 0,025) yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima maka ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W. (2023). Faktor-faktor penyebab terjadinya kesulitan membaca permulaan di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Wangieisata. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1–7.

Ariyanti, A. (2015). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran membaca permulaan. Jurnal Sekolah Dasar.

Dewi, S. M. (2017). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1).

Haidir, M. F. (2021). Analisis pengaruh media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 81–89.

Halawa, A. Z. (2023). Analisis penggunaan media gambar dalam menulis puisi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Lotu. Journal on Education, 6290–6295.

Hasanah, H. (2021). Faktor rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I. Jurnal Pendidikan Dasar.

Indria, V. P., Sumarsih, S., & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 95–100.

Kesumawati, N. (2018). Statistik Parametrik. Palembang: NoerFikri Offset.

Masitoh, I. S. (2023). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan Bahasa Indonesia di kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1839–1851.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 98–112.

Nurani, R. Z. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 1462–1470.

Rahma, M. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 397–410.

Setiawati, E. Y. (2024). Analisis efektivitas media gambar pada kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 371–390.

Taqiyyah, F. S. (2024). Analisis penggunaan media gambar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada anak tunagrahita. Jurnal Basicedu, 2431–2440Rosyid, A. (2021). Belajar dan pembelajaran di era digital. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2025-08-14

Most read articles by the same author(s)