Pengaruh Media Kantong Perkalian terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Ditinjau dari Gender

Authors

  • Nia Daniyati Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28725

Keywords:

Kata kunci : Media Kantong Perkalian, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gender, Pembelajaran Matematika, Siswa SD

Abstract

  Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kantong perkalian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas II di SDN 053 Palembang serta melihat perbedaan berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) dan rancangan posttest-only control design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media kantong perkalian dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur untuk menguji pengaruh media dan interaksi dengan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kantong perkalian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) terdapat perbedaan kemampuan berdasarkan gender; dan (3) terdapat interaksi antara media kantong perkalian dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Dengan demikian, media kantong perkalian efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang kontekstual dan interaktif, khususnya dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa sekolah dasar.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta : Bumi Aksara.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fatimah, & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8, 41.

Gultom, M. (2021). Indikator Kesetaraan Gender Dan Isu-Isu Gender Di Bidang Pendidikan. Fiat Iustitia : Jurnal Hukum, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.54367/fiat.v1i2.1149

Hanum, F. (2018). Kajian dan Dinamia Gender. Intrans Publishin

Hasanah, S. R., & Sari, A. D. I. (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 182 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1222–1236.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 229–235.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2023). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan (A. Margaretha & E. Harapan (eds.); cet. 5). Noerfikri Offset.

Kilpatrick, J., & Swafford, J. (2002). Helping Children Learn Mathematics. The National Academies Press.

Komarullah, H., & Zhahra, M. A. Al. (2023). Pemanfaatan Plotagon sebagai Media Pembelajaran Matematika FPB dan KPK. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1), 71–75.

Kusumaningsih, S. R., Ulya, F. F., Fajriyah, T. N., Syahrani, N., Yustantifa, A. B., & Multahada, N. (2024). Pengaruh Media Kantong Perkalian Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(5), 114–123.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370

Miftah, M. (2022). Peran, Fungsi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran (A. Leonardo (ed.)). CV.Feniks Muda Sejahtera.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Nafisah, D. (2021). Studi Pembaharuan Hukum Keluarga di Indonesia; Konsep Gender, Fungsi dan Implementasi. Pustaka Ilmu.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan Vba Microsoft Excel (G. D. S. Rahayu (ed.)). Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Silvia, A. L., Mufliva, R., Nurjannah, A., & Cahyaningsih, A. T. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan LKPD Berbantuan Media Kantong Perkalian Matematika. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1).

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (cet. 19). Alfabeta, Bandung.

Sukataman, Khomsatun, Annafi, N. N., Setiyani, S., & Jannah, V. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung pada Materi Perkalian Menggunakan Media Kantong Perkalian pada Siswa Kelas 2 SDI Ulil Albab Kebumen. Ibtida: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 57–69.

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Laksitas.

Widodo, H. (2021). Memahami Hitung Cepat

Zuliani, R., Safitri, A., & Nur’Azizah, L. Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian melalui Media PKP2 (Papan Kantong Pintar Perkalian) Kelas II SDN 3 Sepatan. Masaliq Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(5), 870–879.

Downloads

Published

2025-08-03