PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28900Keywords:
Group Guidance Discussion 1, Verbal Bullying 2Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa ada yang masih menyebut atau memanggil dengan nama orang tua, ada juga siswa yang masih mengejek atau mempertawakan teman saat tampil didalam kelas dan siswa masih menghina, menggosip, dan memfitnah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan kelompok Teknik diskusi untuk mereduksi perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen menggunakan quasi eksperimen dengan jenis The One group designs. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang, penarikan sample menggunakan purposive sampling yaitu didapatkan 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variable X dan Y. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil analisi data menggunakan uji Wilcoxon diketahui Asymp.Sig (2-tailed) 0,008 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini adanya perbedaan nilai yang signifikan antara pretest dan posttest sehingga dapat diartikan bahwa bimbingan kelompok Teknik diskusi berpengaruh untuk mereduksi perilaku bullying verbal di SMA Negeri 8 Palembang.Downloads
References
Annisya Diannita. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1).
Dhamayanti, M., Ilmu, D., Anak, K., Sakit, R., & Sadikin, H. (2021). Bullying: Fenomena Gunung Es di Dunia Pendidikan (Vol. 23, Issue 1).
Dr. Yusuf Tojiri, M. M. , H. S. P. S. E. , M. Si. , Dr. N. F. S. E. , M. Si. (2023). Dasar Metodologi Penelitian: Teori, Desain, dan Analisis Data. TAKAZAINNOVATIXLABS.
Melandi Oktari, Syawaluddin Syawaluddin, & Itrawati Itrawati. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bullying bagi Siswa Kelas VIII.5 SMP N 1 Kec. Payakumbuh. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i1.2040.
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892.
Rini, M. P., & Iswara, A. (2020). Effectiveness of Group Counseling Role Playing Techniques to Reduce Student Bullying Behavior.
sandrina shafa mulia. (2024). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing dalam Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 2).
siti nur elisa lusiana. (2022). DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN SEORANG ANAK. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman.
Vindhian Ningtyas, P., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 2774–7921.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.