STUDI LITERATUR: PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP LITERASI MEMBACA SISWA

Pendekatan Penelitian Kualitatif

Authors

  • Sunita Halawa Universitas Negeri Semarang
  • Trimurtini Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27867

Keywords:

buku cerita bergambar, literasi membaca, sekolah dasar

Abstract

Picture story books are very interesting reading materials for elementary school students. Picture story books not only display story texts, but are also combined with imaginative pictures, contain moral messages and use easy-to-understand language. Through picture story books, students are not only motivated to read, but also improve their reading literacy. Reading literacy is not just an activity of spelling letters one by one and getting information from the text being read. Reading literacy trains students to think critically and creatively by understanding, interpreting, and analyzing the contents of the text. The method used in this study is the literature study method using a qualitative approach. The data reviewed were research articles in the last 5 years. The results of the study showed that picture story books can improve students' reading literacy in elementary schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayun, L., & Indarini, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Circ Berbantuan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca Dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,8(1).

Destovia, N., Hidayad, Nadia., & Pratiwi, Etty. (2025). Penerapan Literasi Membaca Siswa Melalui Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Wahana Didaktik, 23(2).

Bungsu, P. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 522-527.

Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3). 203-216.

Hasbi, M., Halim, A., Bakri, F., Nasta, M., & Halim, N. M. (2025). Peningkatan Literasi Membaca Siswa SD melalui Buku Cerita Bergambar. Madaniya, 6(2).

Himawati, L. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas II SD. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3).

Mutmainnah, S., & Kusuma, R. S. (2024). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Literasi Membaca Siswa Kelas 3 Uptd Sdn Karang Asem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,9(1).

Nurjanah, S. R. S., Mandasari, N., & Lontoh, W. (2025). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Lubuklinggau dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa Kelas IV SDN 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI, 5(2). 960-966.

Nuzulul, R. C., Marto, H., & Mustakim, M. (2024). Meningkatkan Literasi Siswa dengan Menggunakan Buku Cerita Bergambar di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 3 Lakatan. Jurnal Belaindika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 6(3). 383-398.

Prahasiwi, I., Ma'rufah, F., & Yanto, E. N. A. (2023). Analisis Penggunaan Buku Cerita Bergambar untuk Mengetahui Peningkatan Minat Literasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Kedungjati. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4. 378-383.

Primasari, A., & Hidayat, M. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Buku Cerita Bergambar terhadap Pemahaman Literasi Membaca Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). 6224 – 6233.

Purwani, Rina. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Sd Kelas IV. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2).

Santosa, I. K. E., Karmini, N. N., & Raka, I. N. (2024). Efektivitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas Ii Di Sekolah Dasar Negeri 2 Tegallinggah Kecamatan Sukasada. WIDYACARYA : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 8(2). 189-198.

Suryanti, R., & Megawati, P. 2022. Systematic Litearture Review Terhadap Rendahnya Minat Baca di Indonesia. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 4(1).

Syafa, I.P., Putri, M., Setiawati, N. Z., & Marini, A., (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Berbasis E-Modul Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora,2(2).

Syari, S. N., Murnianti, N. A. N., Suchaeroh, S. & Nursyahidah, F. (2024). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4). 12331-12337.

Syauki, Y.A., Kurniasih, A., & Sahril, M. (2024). Studi Literatur Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Tulip,14(2). 63-70.

Sari, Y., Fatrin, T., Ariyanti, A., & Melinda, M. (2025). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini : Tinjauan Literatur. Lentera Perawat,6(1).

Downloads

Published

2025-07-11

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>