KREATIVITAS GURU PENGGERAK DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MEMALUI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI PEMBINA WOHA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24517Keywords:
Kreativitas Guru Penggerak, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru penggerak dalam mendesain pembelajaran berbasis proyek melalui penerapan Kurikulum Merdeka di TK Negeri Pembina Woha. Kreativitas guru menjadi faktor kunci dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penggerak di TK Negeri Pembina Woha mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek-proyek pembelajaran. Guru menunjukkan kreativitas dalam memilih tema yang relevan, merancang kegiatan yang berpusat pada anak, serta memanfaatkan sumber daya lokal untuk mendukung pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis proyek ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif anak, tetapi juga memperkuat karakter positif sesuai profil Pelajar Pancasila. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru penggerak sebagai agen perubahan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif di satuan pendidikan anak usia dini.Downloads
References
“2157-5856-2-SP,” n.d.
Abd. Qadir Muslim, and Tamim Mulloh. “Analisis Kebijakan Program Guru Penggerak Sebagai Upaya Regenerasi Supervisor Pendidikan Yang Berkualitas Di Indonesia.” Journal Publicuho 5, no. 3 (2022): 790–801.
Allwood, Carl Martin. “The Distinction between Qualitative and Quantitative Research Methods Is Problematic.” Quality and Quantity 46, no. 5 (2012): 1417–29.
Amanullah, Akhmad Syah Roni, Siti Nur Syarifah, and Zaskia Salsabilla Rachma. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kurikulum Merdeka Untuk PAUD.” Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2023): 01–09.
Amelia, Nurul, and Nadia Aisya. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi.” Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2021): 181–99.
Askarzai, Walied, and Bhuvan Unhelkar. “Research Methodologies: An Extensive Overview.” International Journal of Science and Research Methodology 6, no. 6 (2017): 21–42.
Bell, Stephanie. “Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future.” The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas 83, no. 2 (2010): 39–43.
Fitria, R N. “Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dan Mahasiswa Di Dunia (Studi Meta-Analisis).” Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2022.
Ghamdi, K. “Can an ICT CPD Programme Have an Impact on EFL Teachers in Saudi Arabia: A Case Study,” 2015.
Grant, Michael M. “Getting a Grip on Project-Based Learning: Theory, Cases and Recommendations.” Meridian 5, no. 1 (2002).
Gustian, I F, and F W Tersta. “Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA NEGERI 11 Muaro Jambi: Definisi Kurikulum Merdeka, Peran Guru Dalam Mengembangkan ….” Education Library, no. 2021 (2024).
Hanafi, Sri Hardiningsih, and Sujarwo Sujarwo. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas Di TK Kota Bima.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 2 (2015): 215.
Kamaruddin, Ilham, Ertati Suarni, Saparuddin Rambe, Bayu Purba Sakti, Reza Saeful Rachman, and Pahar Kurniadi. “Penerapan Model Pembelajaran Dalam: Tinjauan Literatur.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 2742–47.
Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, and Siti Nurdianti Muhajir. “Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 5, no. 1 (2022): 80–85.
Nursalam, Nursalam, Sulaeman Sulaeman, and Ridhwan Latuapo. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah Dan Ar-Rasyid Banda.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8, no. 1 (2023): 17–34.
Of, Name, and T H E Course. “Research Methodology Eng 3315 Know the Philosophical Basis of Research Methodology ( A , D , E ) WRITE a Research Proposal within Their Study Major ( C ) Title of the Textbook : A Guide to Research Methods Authors : Gordon Rugg & Marian Petre Place of Pub,” n.d., 1–5.
Pangastuti, Pradipta. “Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kurikulum Merdeka : Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar” 1, no. April (2024): 7–12.
Parish, Alison Jean. “Using Digital Technologies to Teach Mathematics by English Secondary School Teachers: The Barriers, Constraints, Teaching and Learning Opportunities and Training Provided,” 2019. http://wrap.warwick.ac.uk/142708.
Penguasaan, Tahap, Kemahiran Proses, and Sains Dalam. “1 , 2 , 3 123” 9, no. 4 (2000): 778–83.
Pertiwi, Intan, Leni Marlina, and Ketang Wiyono. “Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah - Sekolah Penggerak.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 3 (2023): 1364.
Pranajaya, Syatria Adymas. “Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Guru Penggerak Di Indonesia 6, no. 3 (2023): 55–71.
———. “Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Guru Penggerak Di Indonesia 6, no. 3 (2023): 55–71.
Prihatini, Arti, and Sugiarti. “Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2022, 58–70.
Puspitasari, Vindiyanti, and Akhtim Wahyuni. “Analisis Penerapan Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Ipas Siswa Kelas 4 Dengan Kurikulum Merdeka.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 27, no. 2 (2023): 58–66.
Rahmawati, Zuli Dwi. “Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 97–113.
Rati, Ni Wayan, Nyoman Kusmaryatni, and Nyoman Rediani. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6, no. 1 (2017): 60–71.
Taliak, Jeditia, Taufiq Al Farisi, Riska Aprilia Sinta, Abdul Aziz, and Nur Laily Fauziyah. “Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa.” Journal of Education Research 5, no. 1 (2024): 583–89.
“Title : Teaching as an Evidence Informed Profession : Knowledge Mobilisation with a Focus on Digital Technology Name : Richard Procter Profession : Knowledge Mobilisation,” n.d.
Virtue, Emily E., and Brandi N. Hinnant. “‘Estamos Haciendo Cosas Que Son Significativas’: Perspectivas de Los Estudiantes Sobre El Aprendizaje Basado En Proyectos En Todas Las Disciplinas.” Revista Interdisciplinaria de Aprendizaje Basado En Problemas 13, no. 2 (2019): 9–27.
Wahyuni, Sri, Sumarno Sumarno, and Ida Dwijayanti. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.” Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2024): 35–47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.