IMPLIKASI STUNTING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN FISIK ANAK USIA DINI DI TK AT-TAQWA TETA LAMBITU

Authors

  • Ayu Mulyana Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bima
  • Hendra Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bima
  • Retnoningsih Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24512

Keywords:

Stunting, kemampuan kognitif, kemampuan fisik, anak usia dini

Abstract

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada masa 1.000 hari pertama kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implikasi stunting terhadap kemampuan kognitif dan fisik anak usia dini di TK At-Taqwa Teta Lambitu. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami stunting cenderung memiliki perkembangan kognitif yang lebih lambat, seperti kesulitan dalam konsentrasi, pemahaman instruksi, dan kemampuan berpikir logis. Selain itu, keterampilan fisik anak yang stunting juga terlihat terhambat, ditandai dengan lemahnya koordinasi motorik kasar dan halus. Faktor-faktor yang memengaruhi stunting di antaranya adalah pola asuh, status ekonomi keluarga, serta akses terhadap layanan kesehatan dan gizi yang memadai. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi dini melalui edukasi gizi, pemeriksaan kesehatan rutin, dan stimulasi perkembangan anak secara menyeluruh di lingkungan pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Adriansyah, H., & Maftuhah, M. (2023). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Poris Pelawad 5 Kota Tangerang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1–24. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.623

2. Akdon. (2015). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (1). Remaja Rosda Karya.

3. Ferdi W P. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis Financing Of Education: A Theoritical Study.

4. Gustina, N., & Yuliani, T. (2025). Penerapan Manajemen Keuangan, Humas, Ketatalaksanaan dan Layanan Khusus di Lembaga Pendidikan. IndoMathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 86–100. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2272

5. Hasibuan, S. M. (2007). Manajemen : dasar, pengertian, dan masalah (6th ed., Vol. 1). Bumi Aksara.

6. Heriyah, N., Himmah, E. F., & Purwanto, E. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Keuangan Pendidikan. Jurnal Bhakti Karya Dan Inovatif, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.37278/Bhaktikaryadaninovatif.V1I1.375

7. Hidayat, A., Abin, S., & Makmun, M. A. (2009). Pengelolaan Pendidikan konsep prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah.

8. Hisyam, Z. (2024, February). Gaji Guru Fantastis di Masa Daulah Abbasiyyah. https://islam.nu.or.id/syariah/gaji-guru-fantastis-di-masa-daulah-abbasiyyah-duY5n

9. Humas UPI. (2016). Sebagian Besar Alokasi Dana Pendidikan untuk Belanja Rutin dan Pegawai – BERITA UPI. https://berita.upi.edu/sebagian-besar-alokasi-dana-pendidikan-untuk-belanja-rutin-dan-pegawai/

10. Kameel Mydin Meera, A. (2018). Islamic Gold Dinar: The Historical Standard. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(1). https://doi.org/10.18196/ijief.116

11. Lisnawati. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Mubtadiin Islam Kendal Ngawi.

12. LJ Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Vol. XXIX. Remaja Rosda Karya.

13. Margareta, R. T. E., & Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 195. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p195-204

14. Mubin, N. (2018). Integritas dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan keuangan Sekolah dan Madrasah. Attaqwa, 14.

15. Muhajirin, M. (2012). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Partisipasi Masyarakat. Jurnal Management Educational, 1, 171–171. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

16. Mulawarman, W. G., Kundori, K., Tubagus, M., Judijanto, L., & Susilawati, M. (2024). Character Education Management in Improving Students’ Spiritual Intelligence. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 79–90. https://doi.org/10.31538/ndh.v9i1.4550

17. Nur, M., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1), 93. https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/2611

18. Nurhayati, N., M. Nasir, Abdul Mukti, A. Safri, Lias Hasibuan, & Kasful Anwar. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 594–601. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1123

19. Purwaningsih, D., & Asriati, N. (2024). Pengelolaan Keuangan Pendidikan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sumber Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1723–1732. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.757

20. Purwanti, E. (2020). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos)(Studi Pada SD Negeri Curahmalang III Periode 2018). Repository.Stiedewantara.Ac.Id, 13–13.

21. Rusidana Ahmad. (2024). Psikilogi Organisasi (Tresna Nurhayati, Ed.; 1st ed.). Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian MAsyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

22. Sony Nasrullah, M., & Hiban, I. (2024). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Islam. Dinamika Kreatif Manajemen Strategis, 6, 43–59. https://journalpedia.com/1/index.php/dkms/index

23. Susanto, D., & Rahma, A. M. (2023). Jenis-jenis Pembiayaan untuk Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 233–237. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.201

24. Tumanggor, A., Tambunan, R. J., & Simatupang, P. (2021). Manajemen Pendidikan (S. E. Damanik, Ed.; 1st ed., Vol. 1). K-Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ew06EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=nl3zyMlcr3&sig=3GNpRjJJjmDE92Ep54qhogZpnxI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

25. Usman, J. (2017). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i2.1170

Wibowo, A., & Saptono, A. (2017). Kepemimpinan Intrapreneurship, Budaya Sekolah dan Kinerja Inovasi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 176–193. https://doi.org/10.21009/jpe

Downloads

Published

2025-05-24