PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN LITERASI NUMERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA TULIS DAN HITUNG SISWA DI SDN 12 SARAE KOTA BIMA

Authors

  • Nunung Karlina Universitas Muhammadiyah Bima
  • Fuaddudin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ahmadin Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25136

Keywords:

Literasi, Numerasi, Kurikulum Merdeka, Minat Calistung

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya kemampuam membaca, menulis, dan berhitung (calistung) siswa di kelas IV SDN 12 Sarae Kota Bima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program kegiatan literasi numerasi dalam kurikulum merdeka terhadap peningkatan minat baca tulis dan menghitung siswa kelas IV di SDN 12 Sarae Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pegumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi numerasi yang dikenal dengan nama Gelidang (Gerakan Literasi Digital dan Manual serta Numerasi). Manual Gerakan Literasi dilakukan dengan membaca buku, menulis dan menghitung bersama di halaman SDN 12 Sarae Kota Bima secara konverasional. Sementara itu, gerakan literasi digital memanfaatkan aplikasi Quizizz, Canva dan wordwall dalam bentuk permainan edukatif. Program ini juga melibatkan kunjungan ke perpustakan sekolah dan daerah. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam kegiatan tersebut, meskipun minat membaca siswa terhadap buku cetak masih rendah dan minimnya keterlibatan orang tua. Faktor pendukung keberhasilan program yaitu, sarana dan prasarana, dukungan dari tenaga pendidik, peran kepala sekolah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program literasi numerasi dalam kurikulum merdeka berkontribusi terhadap peningkatan minat baca tulis dan hitung siswa dikelas IV SDN 12 Sarae Kota Bima.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., Haris, A., Hermansyah, H., & Mulyadi, W. (2024). Peningkatan Literasi Melalui Program Study Tour di Sekolah Dasar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 151–163. https://doi.org/10.52431/murobbi.v8i1.2513

Chasanah, T. U., Nazidah, M. D. P., & Zahari, Q. F. (2022). Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 417–428. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11232

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fauzi, A., Suryapermana, N., & Zohriah, A. (2022). Pembinaan Minat Baca Tulis dan Hitung Siswa PAUD Bina Umat Petir Kabupaten Serang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 1273–1284.

Hartono, R. (n.d.). Strategi inovatif dalam penguatan literasi numerasi di sekolah dasar. Gramedia.

Herlina, R., & Purwanto, E. (2020). Pengembangan literasi numerasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 35–44.

Hidayat, R., Lilawati, E., Shobirin, M. S., Russitta, N., Nazidah, J., Istinganah, S., Masluhah, A., Kh, U., & Hasbullah, A. W. (2024). Gerakan Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca , Tulis dan Hitung Siswa SDN Gongseng Jombang. 5(2), 1–4.

Kartono, K., Ghasya, D. A. V., & Johan, G. M. (2024). Pelaksanaan Program Literasi dan Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Fondatia, 8(2), 433–442. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4798

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847

Nugroho, D., & Wulandari, S. (2023). Pendekatan berbasis proyek dalam literasi numerasi: Sebuah kajian implementasi. Pustaka Edukasi.

Pamungkas, A. F., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rahmah, M. A., & Hastuti, W. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 199–208. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.143

Ramadhani, M., & Darmawan, H. (2023). Pengaruh kurikulum merdeka terhadap minat baca dan hitung siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 50–62.

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137

Sundari, S. A., Febriany, W. T., Darmawan, R., & Utami, W. T. P. (2023). Strategi Menguatkan Literasi Dan Numerasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Jurang Jero. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(2), 874. https://doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2663

Wulanjani, A. Ni., & Anggraeni, C. W. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–381. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163

Yunus, N. H., Andriani, A., & Nurhidayah, N. (2020). Upaya Pemberantasan Buta Aksara Melalui Pelatihan Membaca Menulis Berhitung (CALISTUNG) di Kampung Pendidikan. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 139–144. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.269

Zulham, M., & Fitriani, A. (2024). Penguatan Literasi Numerasi Siswa SDN 15 Salolo Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Teknologi Informasi. 4(3), 181–192.

Downloads

Published

2025-06-09