PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 12 PADANG LAWEH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23739Keywords:
LKPD, Model PjBL, Kemampuan KreatifAbstract
Pembelajaran matematika dapat membuat siswa mengembangkan kualitas berpikir serta tingkat keilmuan yang dimiliki, salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Kemampuann berpikir kreatif merupakan kemampuan siswa untuk dapat menyelesaikan masalah dengan strategi yang berbeda dan kreatif dengan cara membuat ulang sebuah ide yang telah ada sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan: (1) tahap analisis mencakup; analisis lembar kerja peserta didik, analisis materi, dan analisi peserta didik, (2) tahap desain meliputi; menentukan tim pengembang, persiapan pembuatan produk, membuat storyboard, dan penyusunan instrumen penelitian (3) tahap pengembangan meliputi; validasi ahli, dan uji coba produk (4) tahap implementasi meliputi; melaksanakan pembelajaran dikelas, melakukan tes kemampuan berpikir kreatif, memberikan angket persepsi siswa, dan (5) tahap evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media dan materi, angket penilaian guru dan siswa, instrumen tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kualitas media yang valid. Hal ini didapat berdasarkan hasil validasi yang dilakukan kepada ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dimana penilaian dari ketiga validator menyatakan bahwa media valid. LKPD yang dikembangkan praktis dengan rerata skor angket penilaian guru yaitu 3,82 dari skor maksimal 5 dengan klasifikasi praktis, rerata skor angket penilaian siswa yaitu 4,44 dari skor maksimal 5 dengan klasifikasi sangat praktis. LKPD yang dikembangkan efektif ditinjau dari hasil pre-test dan post-test kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh skor peningkatan sebesar 0,61 dengan kriteria peningkatan sedang dan dari hasil persepsi siswa, diperoleh rata-rata persentase persetujuan tertinggi adalah pada kategori setuju untuk setiap indikatornya. Jadi dari hasil diatas, disimpulkan bahwa LKPD berbasis project-based learning berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi pecahan kelas IV memenuhi kualitas bahan ajar yang valid, praktis dan efektif.Downloads
References
Amidi, A., & Zahid, M. Z. 2017. Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Berbasis MAsalah Berbantuan E-Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586-594.
Filahanasari, E. . (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI PROGRAM LINEAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 331–337. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.968
Kurniawan, S., Suryaningsih, Y., & Gaffar, A. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 622-629. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/90
Rachmani Dewi, N & Masrukan. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Magister. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Negeri Semarang, Semarang
Saputra, H. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Artikel, Universitas Terbuka. https://www.researchgate.net/publication/326682090
Siswono, T. Y. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Matematika dan Sains, 10(1), 1-9. 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.