ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SDN PEKUNDEN SEMARANG

Authors

  • Dina Malikhatuz Zakiyah PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23726

Keywords:

gerakan literasi sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Pekunden Semarang, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Pekunden Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah sudah sesuai dengan panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah terbagi dalam (a) pembiasaan, (b) pengembangan, dan (c) pembelajaran; (2) faktor pendukung yang ditemukan dalam proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah yaitu: (a) sarana dan prasarana yang memadai yaitu: perpustakaan, pojok baca, kafe literasi, gerobak baca, lingkungan yang literat (b) alokasi dana yang cukup (c) terjalin kerja sama dengan berbagai pihak (3) faktor penghambat yang ditemukan dalam proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah yaitu: (a) keterbatasan jumlah buku di perpustakaan (b) belum adanya petugas pustakawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2016). Praktik-praktik yang baik pada Gerakan Literasi Sekolah.

Ardiansyah, N. A., & Usamah, A. (2024). Analisis Pogram Gerakan Literasi Sekolah. XX.

Beers, K. (2021). No Title. Prinsip-prinsip Literasi dan Pembelajaran.

Faizah, A. (2016). Gerakan Literasi Sekolah: Menjadikan Sekolah sebagai Organisasi Pembelajaran.

Grabe, W., & Stoller, F. L. (2019). Pengajaran dan penelitian membaca (edisi ke-3). Routledge.

Ilmi, M., Wulan, D., & Wahyudin, A. (2021). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2866–2873.

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Mariyah Ulpah1, Laelia Nurpratiwiningsih2, Moh. Toharudin3 1,2,3 PGSD Universitas Muhadi Setiabudi. 8(19), 286–294.

Kasman, dkk. (2016). Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah.

Kebudayaan, K. P. (n.d.). Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Kemendikbud.

Lestari, N., & Septianingrum, R. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Dharma Karya. Jurnal Pendidikan, 131–136.

Moleong, L. J. (2016). No Title. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). No Title. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Sari, D. (2018). No Title. Kegiatan Partisipatif dalam Gerakan Literasi Sekolah.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2020). Membaca. Angkasa.

Yulianti, B. D., & Sukasih, S. (2023). School Literacy Movement Program and Its Impact on Students’ Reading Interest and Reading Comprehension Skills. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Yulianto, B., Jannah, F., Nurhidayah, & Asteria, P. (2018). The Implementation of School Literacy Movement in Elementary School.

Zuafah, L., Husni Wakhyudin, & Ikha Listyarini. (2023). Optimalisasi Kemampuan Literasi Melalui Sarana Pojok Baca Di Kelas Iv Sdn Peterongan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4901–4909. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1148

Downloads

Published

2025-03-30