IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENDORONG KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Megawati Tahar Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Saman PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Syawaluddin PGSD Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23691

Keywords:

Implementasi kurikulum merdeka, kualitas pembelajaran

Abstract

Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran dengan menyesuaikan metode dan materi ajar terhadap kebutuhan peserta didik. Namun, dalam implementasinya, berbagai kendala masih dihadapi oleh guru, seperti kurangnya persiapan, keberagaman karakteristik peserta didik, kesulitan dalam menemukan bakat dan minat mereka, serta rendahnya konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi solusi yang dapat diterapkan guna mengatasi kendala tersebut melalui lima aspek utama: perencanaan pembelajaran, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan materi ajar, pengembangan media pembelajaran, dan pengembangan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru-guru di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka masih menghadapi tantangan dalam perencanaan dan pelaksanaannya, terutama dalam hal asesmen diagnostik, diferensiasi pembelajaran, dan keterbatasan fasilitas. Beberapa solusi yang diterapkan antara lain pemanfaatan asesmen formatif untuk menyesuaikan strategi pengajaran, penguatan komunikasi dengan orang tua, serta penggunaan teknologi dan media pembelajaran inovatif. Kesimpulannya, efektivitas Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kesiapan guru dan dukungan sarana serta prasarana. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan dalam peningkatan kompetensi guru dan strategi pembelajaran adaptif agar kurikulum ini dapat diterapkan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Fattah Nasution, S. N., Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Alwi, A. M., Arsyam, M., Syam, M. N., Wekke, I. S., Hasan, & Sulaiman, U. (2023). Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.168

Alwi, A. M., Arsyam, M., Syam, M. N., Wekke, I. S., Hasan, & Sulaiman, U. (2023). Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.55623/Au.V4i1.168

Andrianto, A., Dilantin, D., & Widyastuti, Y. (2017). Implementasi Kebijakan Program Kartu Tangerang Pintar pada Jenjang Pendidikan SMAN, SMKN dan MAN di Kabupaten Tangerang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Arifin, A. H. Al. (N.D.). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan.

Aryanti, D. (2023). Upaya dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA (Skripsi, Sarjana). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Azkiya, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 29 Jakarta (Skripsi, Sarjana).

Bistari, B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13. https://doi.org/10.26418/Jurnalkpk.V1i2.25082

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(3), 317–324.

Mulyasa, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2018). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar di MI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/Competitive.V2i3.37

Noviani, H. E., Priharsari, D., & Mursityo, Y. T. (2021). Analisis Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online pada Siswa SMA (Studi Kasus SMA Negeri 4 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(4), 1637–1645.

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar.

Prasetiyo, F. B. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. (Tesis, Magister). Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramdhani, M. A. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Direktorat KSKK Madrasah RI.

Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group.

Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)