PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 4 KOLAKAASI KABUPATEN KOLAKA

Authors

  • Herianto Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • M. Ali Latif Amri Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Syawaluddin Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23416

Keywords:

Problem based learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning terintegrasi dengan mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Kolakaasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif berupa Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 4 Kolakaasi Kolaka yang berjumlah 53 peserta didik. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh akan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa data hasil belajar IPA siswa merupakan data parametrik sehingga diuji dengan Independent Samples Test sehingga diperoleh nilai sig. 0,000 atau lebih kecil 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh secara parsial model pembelajaran problem based learning terintegrasi dengan mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Kolakaasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 4 Kolakaasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terintegrasi dengan mind mapping terhadap hasil belajar IPA tema lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V SDN 4 Kolakaasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D., Syahbana, A., & Paradesa, R. (2018). Pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2461

Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning: bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. kencana.

Apriansyah, R., & Lindawati, Y. I. (2022). Analisis Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Arends, R. (2012). Learning to Teach 9tf. McGraww-Hill.

Ariana, Resti. S.(2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4

Batlolona, J. R., & Souisa, H. F. (2020). Problem based learning: students’ mental models on water conductivity concept. international journal of evaluation and research in education, 9(2), 269–277. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20468

Chodriyah, L., Ismaya, A., & Artikel, S. (2021). Implementation of mind mapping learning on students ’ creative thinking ability of elementary school students. Inop, 4(2), 74–80.

Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Pengaruh model problem based-learning dengan flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif. jurnal kependidikan: penelitian inovasi pembelajaran, 4(1), 83–98. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.25460

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir kritis dan hasil belajar ipa melalui pembelajaran problem based learning berbantuan media visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252.

Grasindo, T. (2017). Super Smart IPA SD/MI dengan mind mapping. Penerbit PT. Grasindo.

Hariyanto, A. (2015). Efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. jurnal pendidikan dan kebudayaan, 21(3), 221–242. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.188

Leonard, WIbawa, B., & Suriani. (2019). Model dan metode pembelajaran di kelas.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem based learning). Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Magdalena, I., Hasna Aj, A., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran IPA Di SDN Cipete 2. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 153–162. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Muharam, U. R., & Jaenudin, D. (2020). Problem based learning dengan Strategi Mind Map pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan. 03, 98–102.

Ngadiyan. (2018). Pengaruh Strategi Mind MappingTerhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih di Kelas VII MTsN 8 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 89-102.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem based learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 1–2

Putranta, H., & Kuswanto, H. (2018). Improving students’ critical thinking ability using problem based learning (PBL) learning model based on PhET simulation. SAR Journal, 1(3), 77–78. https://doi.org/10.18421/SAR13-02

Ratnasari, D., Tri, J., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Pembelajaran PBL Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Satya Widya, 2(1), 153–161.

Retliza. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Aspek Kerajinan Ruang Pada Siswa Kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman. Jurnal Akselerasi, 4(2).

Rusmala Dewi, Diah (2019) Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. Jurnal Studi, 13(1), 2089-6638.

Samsudin, E. N., Murniningsih, M., & Mustadi, A. (2021). Problem based learning in Basic Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2800–2809. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.749

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sipayung, A.J.B., R Susanti., & Nur Kusuma, D (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Bioma, 8(1), 219-233.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem based learning. Deepublish, 1(1), 1–102.

Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16

Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem based learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Tukyaur, E., Lesnussa, A., & Abdulracman, O. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Kamboti of Journal Education Research and Development (KJERD), 2, 90–97.

Ula, W. R. R. (2019). Pengaruh Problem based learning dengan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 1–11. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.13

Umam, D. S., & Ahyani, L. N. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sd Kelas 3. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 70–83. https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1637

Winardi, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Kelas X Mipa-3 Sma Negeri 4 Pekalongan Tahun 2016. Jipsindo, 5(1), 81. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20185

Yuliani, N. K., & Rahman, E. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.30287

Zahara, E., Kurniawati, N., Mardelita, S., & Mufizarni, M. (2021). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Murid Kelas V Sd Mesjid Lheu Kec. Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat (Bahana of Journal Public Health), 5(2), 96–99. https://doi.org/10.35910/jbkm.v5i2.420

Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development of E-Module Based on Problem based learning (Pbl) in Hydrocarbon Material. AL- ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 216–229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.263

Downloads

Published

2025-03-30