PENERAPAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) ASH SIDDIQ BUDURAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23549Keywords:
Keywords – Media Pembelajaran; Media Boneka Jari; Pembelajaran Bahasa Arab.Abstract
Dalam proses transformasi ilmu pengetahuan, seorang guru membutuhkan media atau alat pembelajaran sehingga membantu efektivitas dan efisiensinya dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran. Media merupakan suatu alat bantu yang sederhana dan efektif yang dapat digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran untuk merangsang keterlibatan siswa secara emosional dan kognitif. Media juga digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang dirancang untuk memvisualisasikan karakterdalam pembelajaran degan tema tertentu. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas V SDI Ash Siddiq Buduran Sidoarjo, dimana materi maharah kalam menggunakan media buku pembelajaran saja, sehingga siswa terkadang merasa sulit memahaminya. Maka perlu adanya usaha dengan menggunakan Media Boneka jari. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, pertama, pembelajaran menggunakan media boneka jari dalam 1 kelas siswa di bagi menjadi 6 kelompok, guru menjelaskan prosedur pembelajaran dengan bantuan Media Boneka Jari. Kedua, penggunaan Media berupa Boneka Jari dapat meningkatkan penguasaan materi pada tema kebun (حديقة الحيوانات) dengan ketuntasan belajar siswa yang terus mengalami peningkatan dari 50 % menjadi 100 % dan dari nilai yang mengalami KKM 85 hanya 20% menjadi 90%.Downloads
References
REFERENSI
[1] M. [1] Hendri, “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif,” POTENSIA J. Kependidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 200–202, 2017, [Online]. Available: doi: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929
[2] L. N. [2] Atsaniyah, “Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Dengan Metode Cooperative Learning Melalui Kegiatan Muhadhoroh, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V ,” vol. 5, pp. 621–623, 2021, [Online]. Available: doi: https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/841/790
[3] Q. A. [3] Jauhari, “No Pembelajaran Maharah Istima Di Jurusan Pba Uin Maulana Malik Ibrahim MalangTitle,” J. tarbiyatuna, vol. 3, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3440.
[4] L. [4] Ainiy, N,.Irvansyah, N., & Fitriani, “Istiratijiah Ta’lim Maharah Al Kalam Bi- Istikhdam Barnamaj Al Khatabah Al Minbariyahfi Madrasat Al Islamiyyahal Alamiyah Bi Madinat Batu,” Pendidik. Bhs. Arab, vol. 10, no. 01, pp. 64–100, 2022, [Online]. Available: doi:https://doi.org/10.21274/tadris.2022.10.164-100
[5] [5] Rohmani, Ida, “Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas di TK Al-Mustariyyah),” pp. 5–7, 2019, [Online]. Available: ri:%09https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/281
[6] C. N. A. [6]Alfun Nisa, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Prasekolah Dengan Media Boneka Jari,” vol. 18, no. 3, pp. 9–12, 2018, [Online]. Available: https://ijemd.umsida.ac.id
[7] eni fariyatul aden imasita, “pembelajaran keterampilan bahasa arab berbasis permainan ular naga di sekolah menengah pertama sidoarjo,” vol. 9, no. 2, pp. 9–12, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15303
[8] A. Juanda, “penelitian tindakan kelas(class action research),” Ist ed yogyakarta Depublish, 2016.
[9] A. S. Dohmi, “Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Melalui Metode Bermain Pada Permainan Bola Basket Kelas Viii-B SMP Negeri 3 Gorontalo.,” vol. 1, no. 1, pp. 39–47, 2024.
[10] I. T, penelitian tindkan kelas (PTK) dan penulisan ilmiah. lembaga penerbit FBS unesa, 2008.
[11] U. Kustiawan, pengembangan media pembelajaran usia dini. malang penerbit gunung samudera, 2016.
[12] T. Nuritta, “pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” imisykat lmu qur’an hadist dan syariah, vol. 3, no. 1, 2018.
[13] winanti diah anjelia putri, “kemampuan penguasaan kosakatamelalui media boneka jari pada siswa tunagrahitakategori sedang kelas II di SLB N 1 sleman,” 2019, [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/eprint/61778
[14] K. Nisa, ptk jadikan guru profesional. 2019.
[15] R. A. Iva Oktaviani Gusmaningsih1, Naila Len Azizah2, Rani Noer Suciani3 and Fajrin5, “Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas,” J. Kreat. Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 116–119, 2003.
[16] E. Safitri, “Penerapan Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Min 03 Muaro Jambi,” 2023, [Online]. Available: https://repository.uinjambi.ac.id
[17] F. Mkarromah, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B RAUDLOTUL ATHFAL AISYAH DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019,” 2019, [Online]. Available: Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id
[18] Winda, “Boneka Jari Sebagai Media Pembelajaran Kelas Rendah Sekolah Dasar,” vol. 6, no. 1, pp. 17–20, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu
[19] P. S. Dewi1, A. Nurrohmah2*, and Fitria Purnamawati3, “Penerapan Terapi Bermain Boneka Tangan Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah di RSUD dr. Soeratno Gemolong,” vol. 2, no. 4, p. 763, 2023, [Online]. Available: https://journal.literasisains.id
[20] M. N. Faradilla, “Peningkatan Pemahaman Materi Pengenalan Hewan Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas Iv Di Slb Putra Idhata Tahun Ajaran 2019/2020,” p. 8, 2020, [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.