PERMAINAN KARTU SEKATA TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anik Yulaikah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23490

Keywords:

Sekata card game, Vocabulary Comprehension, Learning media

Abstract

This research was motivated by students' difficulties in retaining and understanding vocabulary meanings over time, as well as the lack of variation in teaching methods and media, which caused students to become easily bored, less active, and unfocused during learning. The aim of this study was to determine the effect of the "Sekata" card game on the vocabulary comprehension of second-grade students at SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya. The research employed a quasi-experimental method with a post-test only with non-equivalent control group design. The population consisted of second-grade students, with samples selected through purposive sampling into experimental and control classes.Data collection was conducted using post-tests to measure students’ vocabulary comprehension. Data analysis techniques included normality tests, homogeneity tests, and hypothesis testing using an independent sample t-test with SPSS version 16. The analysis results indicated a significant difference between the average post-test scores of the experimental class and the control class, which used conventional methods. The t-test results showed a significance value of > 0.05, indicating that the use of the "Sekata" card game positively influenced students’ vocabulary comprehension.The "Sekata" card game proved beneficial in creating an interactive and enjoyable learning atmosphere, motivating students to engage actively in the learning process. This study provides practical contributions for teachers in implementing innovative and relevant teaching media tailored to the characteristics of elementary school students. Future researchers are encouraged to explore the use of game-based learning media further, focusing on developing more varied game formats and examining their effects on other aspects of learning. Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam mengingat dan memahami makna kosakata secara berkelanjutan serta minimnya variasi metode dan media pembelajaran yang menyebabkan siswa cepat bosan, kurang aktif, dan tidak fokus pada pembelajaran. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis seberapa besar permainan kartu sekata berpengaruh terhadap pemahaman kosakata siswa kelas II SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya.  Metode kuasi-eksperimen dengan tipe post-test only with non-equivalen control group design adalah metode penelitian yang diterapkan. Peneliti menetapkan siswa kelas II sebagai populasi dengan sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Post-test diterapkan sebagai teknik untuk mengumpulkan data dengan mengukur pemahaman kosakata siswa. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t (independent sample t test) diterapkan sebagai teknik analisis dengan melibatkan bantuan SPSS versi 16. Temuan penelitian mengemukakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata skor post-test siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan ini menghasilkan bahwa penggunaan permainan kartu sekata berpengaruh terhadap pemahaman kosakata siswa yang terlihat dari hasil uji t-test dengan nilai signifikansi yang melebihi 0,05, sehingga mengindikasikan bahwa penggunaan permainan kartu sekata berpengaruh terhadap pemahaman kosakata siswa. Permainan kartu sekata memberikan manfaat bagi siswa dalam menciptakan suasana pembelajaran interaktif, menarik dan mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Temuan penelitian ini dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran inovatif dan relevan selaras dengan hasil karakteristik siswa sekolah dasar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi lebih mendalam terkait penggunaan media pembelajaran berbasis permainan baik pada pengembangan bentuk permainan yang lebih bervariasi maupun mengetahui pengaruhnya pada aspek lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal program studi PGRA, 4(1), 87–96.

Diharjo, Sani, & Arif. (2020). Game Edukasi Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle Pada Genre Puzzle Game. INTEGER: Journal of Information Technology, 5(2), 23–35. Https://doi.org/10.31284/j.integer.2020.v5i2.1171

Elviya, & Sukartiningsih. (2023). Penerapan Pembelajaran Beferensiasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I / 472 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(08), 1780–1793.

Fahmeyzan, Soraya, & Etmy. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. Https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331

Fazriyah, Yulianti, & Saraswati. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 104–111. Https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1697

Festiawan. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran, 1–17.

Herlina, & Wardarita. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. Http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Hi.Hasbin, N. N., Irfan, M., & Hermuttaqien, B. P. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas II UPT SPF SDN Pannara Kota Makassar. Pinisi Journal PGSD, 1(November), 1–8.

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 12.

Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek penguasaan kosakata bahasa indonesia oleh siswa sekolah dasar di kota medan Aspect of Mastery Indonesian Vocabulary by Elementary School Students in Medan City Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Sulawesi Tengah Pendahuluan Bahan aj. Ranah: jurnal kajian bahasa, 9(2), 386–399.

Ningtias, Rohayati, & Agustini. (2023). Pemakaian Kosakata Dasar Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Paud Sekar Mawar Kota Banjar). Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 75. Https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8564

Putri, Ahman, Hilmia, Almaliyah, & Permana. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(3), 1978–1987. Https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527

Rahmat, & Heryani. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Dan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110.

Resti Nur Lailia Qodriani, Asrori, & Rusman. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326–339. Https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. Https://books.google.com/books?Hl=en&lr=&id=nplzdwaaqbaj&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=do9nzumdeu76gwa7we2-xlcbb7i

Rosidah, Fanani, & Nazulfah. (2024). Media benda konkret, bangun datar. Jurnal ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 218–226.

Sari, Kasiyun, Ghufron, & Sunanto. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614–3624.

Syahrizal, & Jailani. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. Https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. Https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Widiyarto, Rusdianto, & Prayono. (2018). Jurnal PGSD. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 19–25.

Downloads

Published

2025-03-30