PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET PADA MATERI MENYUSUN KATA MENJADI KALIMAT SISWA KELAS 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23466Keywords:
Traditional Games, Hide-and-Seek, Arranging Words, SentencesAbstract
ABSTRACT This research was prompted by the lack of engagement and suboptimal learning outcomes observed among grade 2 primary school students in their ability to construct sentences from words, caused by monotonous and less interactive learning methods. The focus of this research is to analyze the application of the traditional game method of hide and seek in Indonesian language learning, especially in composing words into sentences. The approach applied in this research is a descriptive-quantitative one. The researcher selected 30 grade 2 students from SDN Kenjeran 248 Surabaya as the sample, using observation, a questionnaire, and a pretest-posttest learning outcome test as data collection techniques. The findings of this study showed that students' activities increased significantly with a percentage of involvement of 82.14% in the “Very High” category. In addition, students' responses to the method were also positive, with 59.66% of students responding “Strongly Agree” and 39.67% of students responding “Agree.” In terms of learning outcomes, there was an increase in students' average scores from pretest to posttest with a 90% completeness rate, compared to only 20% before the application of the method. Thus, the hide-and-seek game method proved effective in encouraging students' involvement, interest, and learning outcomes in composing words into sentences. Keywords: Traditional Games, Hide-and-Seek, Arranging Words, Sentences ABSTRAK Penelitian ini didorong oleh kurangnya keterlibatan dan hasil belajar yang kurang optimal yang diamati di antara siswa kelas 2 SD dalam kemampuan mereka menyusun kalimat dari kata-kata, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Fokus dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan metode permainan tradisional petak umpet dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi menyusun kata menjadi kalimat. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Peneliti menetapkan 30 siswa kelas 2 SDN Kenjeran 248 Surabaya sebagai sampel dengan observasi, angket, dan tes hasil belajar pretest posttest sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas siswa meningkat secara signifikan dengan persentase keterlibatan sebesar 82,14% dalam kategori "Sangat Tinggi". Selain itu, respons siswa terhadap metode ini juga positif, dengan 59,66% siswa memberikan respon "Sangat Setuju" dan 39,67% siswa memberikan respon "Setuju". Dari segi hasil belajar, terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa dari pretest ke posttest dengan tingkat ketuntasan mencapai 90%, dibandingkan dengan sebelum penerapan metode hanya mencapai 20%. Dengan demikian, metode permainan petak umpet terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan, minat, serta hasil belajar siswa dalam menyusun kata menjadi kalimat. Kata Kunci: Permainan Tradisional, Petak Umpet, Menyusun Kata, Kalimat.Downloads
References
Ali, MMakhrus, Tri Hariyati, Meli Yudestia Pratiwi, and Siti Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Vol. 2.
Anjani, Ayu, Gita Harnum Syapitri, and Rifka Izatul Lutfia. 2020. Analisis Metode Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Vol. 4.
Cendana, Herliana, and Dadan Suryana. 2021. “Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):771–78. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1516.
Daniel, Stepanus, and Universitas Kristen Indonesia Friska Hasali. 2016. Pengaruh Permainan Tradisional Petak Umpet Dan Lompat Tali Terhadap Pembentukan Karakter Demokratis Dan Disiplin Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan.
Hasriadi. 2022. Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi. Vol. 12.
Jaimun;, Reineldis Alviana, and Reineldis Alviana Jaimun; 2024. “Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana (Spok) Menggunakan Media Kartu Kata Pada Kelas Ii Sdlbn Pembina Kupang.”
Karlina, Elin, and Fadli Rasam. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Team Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Di Unindra.” Research and Development Journal of Education 6(2):65. doi: 10.30998/rdje.v6i2.6258.
Mbadhi, Valentina, Maria Finsensia Ansel, and Agustina Pali. 2018. “Pengaruh Permainan Tradisional Petak Umpet Terhadap Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.” Journal of Elementary School (JOES) 1(2):103–12. doi: 10.31539/joes.v1i2.348.
Nugroho Wibowo. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari.” Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO) 1. doi: 10.21831/elinvo.v1i2.10621.
Sagita Alfitasya Maghfiroh, Cholifah Tur Rosidah. 2024. “Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Menulis Materi Menyusun Kata Menjadi Kalimat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Serta 2.
Santika, Mira, and Weni Aulia. 2019. “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Snowball Throwing Di Sekolah Dasar.” 3(3).
Sesrita, Afridha, Teguh Prasetyo, Irma Inesia Sri Utami, Dita Amelia, Nur Shabrina Khairunnisa, Regina Febriani, Shakilla Azzahra, and Salma Yuliani. 2023. Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Melalui Permainan Petak Umpet Kartu Di Sekolah Dasar Implementation Of Literacy Movement Through Card Hide And Seek Games In Elementary Schools. Vol. 9.
Sudjana, Djamilah, and Imas Eva Wijayanti. 2018. “Analisis Keterampilan Metakognitif Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah.” EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan) 3(2):206. doi: 10.30870/educhemia.v3i2.3729.
Syarfina, Adzhani, Meriatul Kibtiyah, and Novita Sari. 2023. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Usia Dini Di Era Society 5.0 Muharrahman 1 , Novita Loka.” 7(2):1368–80. doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3474.
Yani Balaka, Muh, and Fawwaz Abyan. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.