PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DIGITAL TERHADAP PENGARUH KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23673Keywords:
Digital Scrapbook Media, Writing Skills, Short StoriesAbstract
Tujuan daripada penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran scrapbook digital terhadap keterampilan menulis Cerpen peserta didik kelas V SDN Sedati Gede 02. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design dengan bentuk Posstest Only Control dan menggunakan teknik sampling yakni Cluster Random Sampling. Populasi pada kajian ini yaitu siswa kelas V di SDN Sedati Gede 02 Sidoarjo. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 58 responden dengan metode tes. Digunakan sampel kelas V-A berjumlah 30 siswa dan kelas V-B berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis independent sampel t-test. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook digital memiliki pengaruh terhadap kemampua menulis cerpen siswa kelas V SD. Hasil tersebut bisa ditunjukan pada perbedaan hasil tes kelas eksperimen bahkan kontrol. Kelas eksperimen nilai tertinggi yaitu 100 dan terendah 64, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai tertinggi 92 serta terendah 34. Di mana ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Independent Sampel T-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka bisa ditarik kesimpulan diterima serta ditolak. Artinya ada pengaruh pada media pembelajaran Scrapbook Digital terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Downloads
References
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Hijjah, N., & Bahri, S. (2022). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. Edu Global Jurnal Penelitian Pendidikan, 01, 24–32.
Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., Anggraeni, R. W., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di Sdn Muncul 1. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 227.
Saputra, M. W. (2024). Media Scrapbook Sebagai Sarana Pemahaman Materi Sumber Daya Alam di Sekolah Dasar. 8, 1–11.
Saragih, E. L. ., Samosir, H., & Siagian, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Datuk Lima Puluh. 6(4), 393–401.
Septia, D., Murjainah, M., & Rahmawati, P. (2022). Pengembangan Digital Scrapbook Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1215
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.