PENGARUH LITERASI TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23283Keywords:
Literasi, Minat BacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh literasi terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan informasi mengenai gerakan literasi dalam menumbuhkan minat baca yang ada pada diri peserta didik. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya literasi pada saat proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitiannya menggunakan rancangan Quasi Eksperimen Design. Pada penelitian ini menggunakan 2 kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, kemudian teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t, untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap minat baca siswa dalam mata pelajaran bahasa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh literasi kelas IV-A dan IV-C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya.Downloads
References
Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A.
(2020). Analisis Gerakan Literasi
Pojok Baca Kelas Terhadap
Eksistensi Dayabaca Anak di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
4(1), 70–78.
Budi Dharma, K. (2020).
Implementasi Gerakan Literasi
Sekolah Dalam Menumbuhkan
Minat Baca Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Edukasi
Nonformal, 1(2), 74.
Elendiana, M. (2020). Upaya
meningkatkan minat baca siswa
sekolah dasar. Jurnal Pendidikan
Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54
60.
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok
Baca Dalam Menanamkan Minat
Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1
Semplo. Jurnal Lensa Pendas,
7(1), 58–66.
https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1
714
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T.
(2020). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis E
Bookstory untuk Meningkatkan
Literasi Membaca Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),
1004–1015.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v4i4.493
Handayani, P., & Koeswanti, H. D.
(2020). Pengembangan media
komik untuk meningkatkan minat
membaca siswa sekolah dasar.
Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401.
Maharani, O. D. (2017). Minat Baca
Anak-Anak Di Kampoeng Baca
Kabupaten Jember. Jurnal
Review Pendidikan Dasar :
Jurnal Kajian Pendidikan Dan
Hasil Penelitian, 3(1), 320.
https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n
1.p320-328
Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020).
Pengaruh Kegiatan Literasi
Terhadap Minat Baca Siswa di
Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar,
3(1), 40.
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i
1.3361
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.