PENGARUH LITERASI TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Authors

  • Pruistyn Aisyah Lutfi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23283

Keywords:

Literasi, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh literasi terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan informasi mengenai gerakan literasi dalam menumbuhkan minat baca yang ada pada diri peserta didik. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya literasi pada saat proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitiannya menggunakan rancangan Quasi Eksperimen Design. Pada penelitian ini menggunakan 2 kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, kemudian teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t, untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap minat baca siswa dalam mata pelajaran bahasa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh literasi kelas IV-A dan IV-C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A.

(2020). Analisis Gerakan Literasi

Pojok Baca Kelas Terhadap

Eksistensi Dayabaca Anak di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

4(1), 70–78.

Budi Dharma, K. (2020).

Implementasi Gerakan Literasi

Sekolah Dalam Menumbuhkan

Minat Baca Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Edukasi

Nonformal, 1(2), 74.

Elendiana, M. (2020). Upaya

meningkatkan minat baca siswa

sekolah dasar. Jurnal Pendidikan

Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54

60.

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok

Baca Dalam Menanamkan Minat

Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1

Semplo. Jurnal Lensa Pendas,

7(1), 58–66.

https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1

714

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T.

(2020). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis E

Bookstory untuk Meningkatkan

Literasi Membaca Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),

1004–1015.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v4i4.493

Handayani, P., & Koeswanti, H. D.

(2020). Pengembangan media

komik untuk meningkatkan minat

membaca siswa sekolah dasar.

Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401.

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca

Anak-Anak Di Kampoeng Baca

Kabupaten Jember. Jurnal

Review Pendidikan Dasar :

Jurnal Kajian Pendidikan Dan

Hasil Penelitian, 3(1), 320.

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n

1.p320-328

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020).

Pengaruh Kegiatan Literasi

Terhadap Minat Baca Siswa di

Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar,

3(1), 40.

https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i

1.3361

Downloads

Published

2025-03-30