HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN SEDATI GEDE 1
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23692Keywords:
Disiplin Belajar, Hasil Belajar Kognitif, PendidikanAbstract
Penelitian tertulis berjudul “Pengaruh Disiplin Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Sedati Gede 1”. Penelitian tertulis bertujuan dalam menganalisis hubungan antardisiplin belajar siswa dengan hasil belajar kognitif. Disiplin belajar yakni faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian tertulis yakni kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian melibatkan seluruh siswa kelas IV SDN Sedati Gede 1, dengan sampel dipilih secara purposif. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar serta kuesioner dalam mengukur tingkat disiplin belajar siswa, dan dianalisis menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan positif serta signifikan antardisiplin belajar dengan hasil belajar kognitif. Semakin tingginya tingkat disiplin belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar kognitif tersebut dicapai. Hubungan ini menegaskan pentingnya penerapan disiplin belajar yang konsisten di lingkungan sekolah sebagai satu diantara strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian tertulis menyimpulkan disiplin belajar memainkan peran penting dalam mendukung pencapaian hasil belajar kognitif. Oleh sebab itu, guru dan pihak sekolah diharapkan dapat terus memberikan motivasi dan pengawasan menciptakan lingkungan belajar kondusif.Downloads
References
Andalucy. (2017). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI TK
J mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas (WAN) di SMAN 6 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Apsari. (2018). Penerapan teori belajar behaviorisme dalam pembelajaran. Jurnal UIN Alauddin Makassar.
Ardiansyah, A. A. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran di sekolah. Jurnal Undiksha.
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Blandford. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.
Cahyono. (2016). Pengaruh kedisiplinan terhadap peningkatan prestasi belajar. Jurnal Unugha.
Cahyono. (2021). Peranan pengembangan manajemen kinerja tenaga administrasi kesehatan terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenag.
Chandra. (2018). Pengaruh bimbingan belajar orangtua terhadap disiplin belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Depdiknas. (2006). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains.
Devi, E. N. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. Jurnal Unimed.
Dewantara, N. (2021). Penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidikan karakter di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Jurnal Sankara Pendidikan dan Pengajaran.
Ramadhani, M., Alfi, C., & Fatih, M. (2024). Pengembangan Pengembangan Media Papan Pintar Pancasila Berbasis Permainan Tradisional Pada Pembelajaran PPKn Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong-royong SDN Tlumpu Kota Blitar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 186-194.
Fakhurrohman, P. (2010). Pentingnya motivasi belajar dalam emningkatkan hasil belajar. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo.
Fitriani. (2017). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran disekolah. Jurnal Universitas Siliwangi.
Gunawan, S. (2018). Pengaruh penerapan disiplin orangtua terhadap disiplin anak usia dini di RA Terpadu Bustanul Ulum Patrang Jember. JECIE.
Handayani, E. S. (2021). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Jihad. (2018). Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VI SD Tulung melalui model pembelajaran snowball throwing. Jurnal Ide Guru, 14.
Latifa, U. (2017). Aspek perkembangan anak pada anak sekolah dasar . Jurnal IAIN Surakarta.
Maisaroh, D. &. (2019). Pengaruh gamifikasi digital terhadap kecerdasan emosional siswa. Jurnal UPI.
Makaurius. (2021). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMIPT Al- Mukminun Metro. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Marijan. (2016). Pengaruh kedisiplinan melalui kedisiplinan belajar mengajar guru sekolah dasar Muhammadiyah Karangwaru. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan, 89.
Marijan. (2017). Dicipline analysis of students learning online during the covid-19 pandemic. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 87.
Munawaroh. (2016). Pengelolaan kelas dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 92.
Munawaroh. (2016). Peningkatan disiplin anak kolompok B TK Nurul Muhajirin melalui metode token ejkonomi. Skripsi: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Nabella. (2022). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja. Jurnal FEB Unmul.
Nurgiansah. (2020). Penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan.
Parwati. (2018). Refleksi peserta didik terhadap pembelajaran. Jurnal Universitas Siliwangi.
Rovi, P. (2016). Teori perkembangan kognitif jean piaget dam implementasinya dalam pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik.
Saefullah. (2016). Pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-gugus Majapahit Kecamatan Wangon Kabupaten Bnayumas. Sripsi: Universitas Negeri Semarang.
Syarif. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik SMK. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Tu'u, T. (2019). Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi: Universitas Megarezky.
Wijoyo, F. &. (2020). Kajian kepuasan pengguna aplikasi hadir pada Samga Cipta Group . Jurnal Swabumi.
Wongor, Y. (2022). Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa SD kelas V pada mata pelajaran PPKn di SFN Pogo Lede. Jurnal STKIP Weetebula.
Yulianingsih.et.al. (2020). Pengaruh bimbingan belajar orangtua terhadap disiplin belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Universitas Flores
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.