ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA KELAS IV SDN KEPUH KIRIMAN 1 WARU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23282Keywords:
Learning difficulties, Natural And Social Sciences, Styles Around AsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang di alami siswa, mengetahui faktor-faktor yang di alami siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat membantu mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-B SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara murid dan tes untuk mengukur sejauh mana kesulitan belajar yang dialami siswa pada pembelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat hasil penelitian menujukkan bahwa siswa kesulitan belajar pada materi gaya. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, minat belajar rendah, sikap terhadap pembelajaran, dan motivasi belajar rendah. Faktor eksternal diantaranya, pengaruh media massa, materi pembelajaran, metode dan media pembelajaran, keaktifan guru saat mengajar di kelas, sarana penunjang pembelajaran yang belum lengkap. Rekomendasi pemecahan masalah pada siswa yang kesulitan belajar IPAS yang berasal dari diri siswa dilakukan dengan menciptakan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar dilakukan dengan melakukan remedial teaching dan menggunakan metode yang bervariatif sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri siswa dapat dilakukan dengan mengelangkapi sarana dan prasarana.Downloads
References
Ameliya, Riski Rika, dan Agung Setyawan. 2014. “Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 5(2):40–51.
Azizah, Nur, Moh. Zmaroni, dan Romi Ramdon Ginanjar. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(5):1707–15.
Kholil, Mohammad, dan Silvi Zulfiani. 2020. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.” EDUCARE: Journal of Primary Education 1(2):151–68. doi: 10.35719/educare.v1i2.14.
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Merdeka Belajar (November):289–302.
Sakila, Rohima, Nenni faridah Lubis, Saftina, Mutiara, dan Dedes Asriani. 2023. “Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):119–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.