MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-MUAYYAD SURAKARTA

Authors

  • Tamama Zuhriyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nely Fatimmatul Karomah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurfadila UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23059

Keywords:

Manajemen, Akhlak, Karakter Religius

Abstract

Akhlak peserta didik merupakan poin yang sangat penting dalam pendidikan. Tetapi saat ini kemerosotan akhlak siswa telah banyak terjadi. Berkaitan dengan kemerosotan moral siswa tersebut, sekolah sering dituntut untuk bertanggung jawab dengan keadaan itu. Pentingnya pembentukan karakter religius dalam kepribadian sebagai tameng dalam menyikapi perkembangan dan penurunan moralitas terutama pada kepribadian peserta didik saat ini. Upaya membentuk akhlak yang baik pada diri siswa, diperlukan pengaturan yang sistematis, seperti halnya manajemen pengajaran atau proses pembelajaran. Pengelolaan pembinaan akhlak di Ponpes Al-Muayyad yang dilakukan yaitu dirancang dengan berorientasi pada pengembangan soft skill dan akhlak peserta didik agar bermanfaat ketika kelak bermasyarakat. Oleh karena itu, penulisan ini membahas lebih mendalam terkait manajemen program pembinaan akhlak dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2010). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gapari, Muhammad Zaril. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur. Manazhim: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 155-170

Ibrahim, Rustam. (2010). Manajemen Pendidikan Akhlakul Karimah (Studi Pada Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren ’Isy Karima Kabupaten Karanganyar )’, Al-Qalam, XIII, pp. 24–46.

Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71–96.

Manan, Syaepul. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 5(1), 49–65.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Muhammad, Hasanah dan Arifin. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 6 (2), 161-174.

Mustajib, Mutohar dan Fuadi. (2022). Manajemen Peserta Didik Dan Penguatan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Studi MAN 3 Kandangan Kediri, Indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8 (2), 77-86.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Prayoga, Ari. (2019). Manajemen Program Pembinaan Akhlak Karimah Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler. Isema: Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 94-104.

Downloads

Published

2025-03-30