PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PEMBELAJARAN DI PKBM AL-ISLAM GIWANGAN

Authors

  • Nurfadila MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitri Dwi Zuhrotun Nisa MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitrianingsih MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23012

Keywords:

learning media, : Learning strategies, Learning media, Art and Culture., pemasaran pendidikan, teknologi sebagai pemasaran pendidikan

Abstract

ABSTRACT The rapid development of digital technology encourages innovation in education, including utilizing technology as a learning medium as well as an information and promotional tool. This study employs a descriptive qualitative method, with data sources from the Principal and the Vice Principal of Curriculum at PKBM Al-Islam Giwangan. Data were collected through observation and interviews and analyzed using data reduction, data display, and conclusion drawing. Source triangulation was conducted by asking questions to different informants. The study results indicate that PKBM Al-Islam Giwangan utilizes information technology for marketing and learning through social media platforms such as Facebook, YouTube, Instagram, and TikTok. Initial marketing strategies involved distributing banners and brochures in the surrounding community, as the institution was originally intended for orphaned children and local residents. After obtaining an operational permit in 2021, digital promotion began. Additionally, social media was used for learning by creating educational content through collaborations between teachers and students, which was then uploaded to Instagram. Keywords: Information Technology, Education Marketing, Learning Media ABSTRAK Perkembangan teknologi digital yang pesat mendorong inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran serta sarana informasi dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Kurikulum PKBM Al-Islam Giwangan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, lalu dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada berbagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKBM Al-Islam Giwangan memanfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran dan pembelajaran melalui media sosial seperti Facebook, YouTube, Instagram, dan TikTok. Strategi pemasaran awal dilakukan melalui banner dan brosur di lingkungan sekitar, karena PKBM ini awalnya hanya ditujukan bagi anak-anak panti dan masyarakat setempat. Setelah memperoleh izin operasional pada 2021, promosi mulai dilakukan secara digital. Selain itu, pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran dilakukan dengan membuat konten edukatif hasil kolaborasi antara guru dan siswa, yang kemudian diunggah di Instagram.   Kata Kunci: Teknologi Informasi, Pemasaran Pendidikan, Media Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 12–19.

Andri, R. M., & Pd, M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 3(1).

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Fitriyanti, D. N. (2023). Manajemen Media Sosial Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Karanganyar. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.676

Hargita, B. S. (2020). Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning: Kajian Pendahuluan. Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), Article 1.

Hendriawati, R. (2019). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah. OSF. https://doi.org/10.31227/osf.io/zf786

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Mikrotik: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1), Article 1. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314

Isa, M., Praswati, A. N., Sari, E. K., & Ramadani, K. D. N. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial MIM PK Wirogunan. Abdi Psikonomi, 77–83. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2173

Khasanah, F. N., Herlawati, Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., Raharja, I., Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255

Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.250

Mokol, N. A., Putri, F. J. K., Wulandari, M. T., Waluyo, R. A., & Suni, M. H. (2022). Pengaruh Perkembangan Teknologi Dalam Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. SNHRP, 4, 1082–1088.

Novitasari, Y., Fadillah, S., & Putri, A. A. (2023). Impresi Guru pada Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Awal Bahasa Inggris Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4619

Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial Di Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi Pangandaran. Re-Jiem (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i2.3908

Octaviani, V., Narti, S., & Nurwita, S. (2018). Peningkatan Sumber Daya Masyarakat Desa dalam Binaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30653/002.201832.62

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Pemanfaatan Gamification Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714

Rosyida, A., & Supardi, S. (2024). Strategi Pembelajaran Melalui Media Youtube Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kudus. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4227

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Samlaw, S., Suherman, A., & Fida, W. N. (2023). Analisis Strategi Promosi Universitas Muhammadiyah Buton di Aplikasi Media Sosial Tiktok. Budgeting : Journal of Business, Management and Accounting, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i1.8203

Statistik, B. P. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021 (Telecommunication Statistics in Indonesia 2021). ISSN.

Switri, E. (2022). Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Wahyudi, K. (2016). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.52185/kariman.v4i2.43

Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Oktafiani, A. W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939

Zellatifanny, C., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Media Dan Komunikasi, 1, 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Downloads

Published

2025-03-14