USAHA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maihelya Agrini Universitas Jambi
  • Syahrial Universitas Jambi
  • Alirmansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23036

Keywords:

Usaha Sekolah 1, Profil Pelajar Pancasila 2, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu tentang bagaimana pengalaman warga sekolah dalam usaha mewujudkan profil pelajar pancasila melalui projek penguatan profil pelajar pancasila di SD Negeri 34/1 Teratai.Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha sekolah dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar dilakukan oleh warga sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Setiap warga sekolah memiliki peran masing-masing dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu warga sekolah yaitu Kepala Satuan Pendidikan, Pendidik, dan Peserta Didik telah melakukan usaha dengan baik guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, hal ini dibuktikan dari keberhasilan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajaran di kelas IV A SD Negeri 34/I Teratai.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adi, N., Sulastri, S., Syahril, S., & Febrianti, S. (2023). Penyusunan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila ( P5 ) pada kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(3), 327–333. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/download/3401/1829

Adriantini, D., Dewi, S., Maulana, R. A., Bagus, A., Maulida, L. R., Ardiyanti, A. V., Putri, C., & Sari, A. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Generasi Profil Pelajar Pancasila. Benua Etam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 96–101.

Akpochafi, G, O., Alika, I. (2018). Perceived Impact of Entrepreneurship Education on Career Development among Undergraduates in South-South Universities in Nigeria: Implication for Counselling. Journal of Education and Learning, 7(3), 1927-5250.

Alirmansyah, A., & Wulandari, N. (2023). Peran Ekstrakulikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Alam di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7538–7542. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2976

Alirmansyah, & Amelia, L. (2022). Pengaruh Metode dan Media pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(2), 164–171.

Arfandi., Samsudin, M, A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia. 5(2), 225-8164

Arifki & Barliana. (2018). Karakteristik dan Manfaat Tumbuhan Pisang Di Indonesia, J. Farmaka, vol. 16, no. 3, pp. 196–203.

Darllis, N., F, F., & Miaz, Y. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 334–342.

Gernatatiti., Rejeki, K., Wahyaningsih, S. (2019). Sekolah Apa Ini?. Yogyakarta: Insist Press.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori&Praktik. PT Bumi Aksara.

Halwa, H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 5.

Harlita, I., Ramadan, Z, H. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Didaktila: Jurnal Kependidikan. 13(2), 2745-4312

Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model Asesmen Alternatif Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 280–290. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4252

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. (2020). Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Diakses Pada 13 September 2024 pada https://ppg.kemdikbud.go.id/news/implementasi-kurikulum-merdekadi-era-society-5-0

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. (2020). Pendidikan Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045. Diakses Pada 14 September 2024 pada https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/pendidikan-indonesiamenuju-indonesia-emas-2045/

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. (2022). Republik Indonesia.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. (2024). Panduan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Khadijah & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Kurniasih 1. (2022). A-Z Merdeka Belajar+Kurikulum Merdeka. Surabaya: Kata Pena

Magdalena, I. Rachmadani, A. & Aulia, M. (2020). Penerapan PembelajaranDan PenilaianSecara OnlineDiMasaPandemiSdn KarangTengah06Tangerang. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains2, 2: 393–409.

Maula, A., & Rifqi, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN Sidotopo I/48 Surabaya. Journal Edu Learning, 1(3), 73–84.

Minna, H., Elena, R., & Timo, P. (2018). Principals Promoting Entrepreneurship Education: The Relationships Between Development Activities And School Practises. Journal of Entrepreneurship Education, 21(2), 1-19.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN” Veteran” Yogyakarta Press.

Nurhadi, Z, F. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. 3(1), 90-95

Oktavianto, A. W., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8623–8636.

Pasaribu, N. H. (2021). Penerapan Coaching dalam Program Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1928-1939.

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2024 Tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pribadi, R. A., Putri, N. F. A., & Ramadhanti, T. P. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa (JIKMA), 1(3), 54–68.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM INDONESIA Anggota IKAPI.

Sariamanah, W., Munir, A., Agriansyah, A. (2016). Karakterisasi Morfologi Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.) di Kelurahan Tobimeita Kecamatan Abeli Kota Kendari, Jurnal AMPIBI Vol. 1, No. 3

Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sholeh, M., & Yantoro, Y. (2022). Implementasi Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah Di Sekolah Penggerak (Studi Analisis Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah Mitra Universitas Jambi). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), 161-80.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.

Siwiyanti, L. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: Golden Age, 1(1): 84.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., Subandiyo, M. (2019). Pedagogic Competence And Indonesian Language Competence Pre Service Teacher O Elementary Program. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(10) 851-856.

Syahrial, S., Asrial, A., Kurniawan, D. A., Chan, F., Pratama, R. A., Nugrogo, P., & Septiasari, R. (2019). The impact of etnocontructivism in social affairs on pedagogic competencies. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 409–416. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20242

Tanjung, R., Hanafiah., Arifudin, O., Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(4), 291-296

Wahyuni, M. (2018). Meta Analisis Assessmen Formatif di Pendidikan Tinggi. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, (2), No. 1, 64.

Downloads

Published

2025-03-29