UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PROGRAM MAJALAH DINDING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI UPTD SDI WAEWARU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23021Keywords:
Minat Baca, Majalah DindingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa melalui program majalah dinding di UPTD SDI Waewaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 13 siswa kelas V dan objek dalam penelitian ini adalah minat membaca siswa di UPTD SDI Waewaru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi foto kegiatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa program majalah dinding efektif dalam meningkatkan minat membaca siswa. Berdasarkan data observasi, jumlah kunjungan siswa ke majalah dinding mengalami peningkatan setiap harinya, menunjukkan adanya antusiasme yang lebih besar dalam membaca. Program ini juga mendorong kreativitas siswa dalam menulis dan menyampaikan informasi, serta mempererat kolaborasi antara siswa, guru, dan orang tua. Dengan demikian, majalah dinding dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun budaya literasi di sekolah dasar.Downloads
References
Ama, R. G. T. (2021). Minat baca siswa ditinjau dari persepsi keterlibatan orangtua dalam pendidikan. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 219–229
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Artana, I. K. (2016). Upaya menumbuhkan minat baca pada anak. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–13
Baroroh, A. Z., Yuliani, E., Arum, F., & Fuaida, E. W. (2021). Pengaruh Mading Kelas Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Pada Siswa di MI/SD. Seminar Nasional PGMI 2021, 1, 763–774.
Haidar, M. (2021). Pemanfaatan Majalah Dinding untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 15-25.
Ibda, H. (2017). Gerakan mental (membaca artikel) untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis guru MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 189-206.
Kurniawati, A., Anugrah, Y., & Wibowo, S. (2020). Upaya Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Melalui Pembelajaran Kreatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 41-50.
Mehmory, H.F., Sari, R., & Rahman, A. (2023). Meningkatkan Softskill Siswa Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pembuatan Majalah Dinding. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(1), 1-12.
Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 19–23.
Nafi’in, M. B., & Amrulloh, M. S. (2021). Penyelenggaraan Program Majalah Dinding Sebagai Wahana Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 2(3), 97–108.
Nay, Y.A., Wau, M.P., Sayangan, Y.V., Noge, M.D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Jurnal Kependidikan, 13(1), 273-280.
Pratamam, A., Mahardika, D. A., & Riri Kanastre. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Ilmiah Kampus, 2(2), 93-102.
Rahmadhani, W., & Dahlan, Z. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 351–360.
Sari, C. P. (2018). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137.
Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29
Triyono, A., Rahmawati, I., & Sugiyono. (2016). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 93-102.
Ubaydillah, M. (2021). Penerapan Madaya (Mading Budaya) Sebagai Media Baca dan Karya Tulis Peserta Didik Kelas IV Di UPTD SD Negeri Manoan 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 13–21
Wahyudi, H. R., Meliniarta, N., Muhamad, R., Widonarko, S. A., & Kusuma, S. W. D. (2021). Penyediaan Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(45), 39–47.
Wahyuningrum, C., Anam, S., Jalil, A., Nisa, S. I., Trulyana, A., Oktahariana, A., Laila, N., Hasanah, E. I., Muddah, N. H., Rohmah, A. N., Rohmah, A. M., Afifah, E. N., Laily, A., & Hidayat, R. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui Pojok Baca di Balai Desa Umbulrejo. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–11
Wijaya, H., Lisda, M., Weismann, I. T. J., Tri Supartini, & Tari, E. (2021). Persepsi mahasiswa mengenai beban tugas membaca terhadap minat baca mahasiswa. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 31–55
Zubaidah, E. (2022). Pemanfaatan Majalah Dinding sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 12-20.
Zulaikhoh, S. A. (2022). Siswa literat melalui pemanfaatan pojok baca. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se IndonesiaProdi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta 9-11 September 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.