NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN “PUNYAN KAYU ANÈ MASAPUT POLÈNG DI TEGAL PEKAK DOMPU”
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22978Keywords:
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, CerpeAbstract
Penekanan nilai pendidikan karakter saat ini mulai kehilangan maknanya, berbagai pihak lebih mengutamakan prestasi akademik kebanding moral seseorang. Berbagai penyimpangan nilai pendidikan mulai muncul yang menunjukkan dampak negatif. Seseorang mulai kehilangan jati dirinya, kehilangan kualitas individu lantaran penanaman nilai pendidikan karakter yang mulai diabaikan. Permasalahan ini perlu diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar dengan peneliti tertarik melakukan penelitian yaitu memberikan contoh penerapan nilai pendidikan karakter yang baik merujuk pada ranah posifi pada sebuah buku kumpulan cerpen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang terkandung pada kumpulan cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu”. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu” karya IGB Wèda Sanjaya serta objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka yaitu membaca, dan mencatat serta metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada Kumpulan Cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu” dengan 8 judul cerpen mengandung 10 nilai pendidikan karakter yaitu terdiri dari nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, cinta tanah air, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.Downloads
References
Adekiza, Juliza, dkk. (2020). “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari Dan Kontribusinya Dalam Materi Pembelajaran Sastra Di Sma (Kajian Semiotik)”. Thesis: Universitas Negeri Makasar.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Detik.com. 2024. “Viral Siswa SMA Lepas Baju-Tantang Guru Berkelahi, Ini Penyebabnya”. Tersedia pada https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-7007751/viral-siswa-sma-lepas-baju-tantang-guru-berkelahi-ini-penyebabnya (diakses pada tanggal 1 April 2024).
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Jakarta : Bumi Aksara
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kilasan Kinerja 2016. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA), Jakarta.
Lickona.Thomas. (2021). Pendidikan Nilai dan Karakter: seri pendidikan karakter. Penerbit: Nusa Media.
Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Pranata, Gede Apgandhi. (2021).
Noviansah, Wildan. 2024. “Viral Siswa Di-bully Geng Sekolah hingga Masuk RS di Tangsel, Polisi Selidiki”. Tersedia pada: https://news.detik.com/berita/d-7200323/viral-siswa-di-bully-geng-sekolah-hingga-masuk-rs-di-tangsel-polisi-selidiki (diaksess pada tanggal 1 April 2024).
Nurjaya. 2023. “Hiperalisasi Dalam “Punyan Kayu Ane Masaput Poleng di Tegal Pekak Dompu”. Tersedia pada: https://tatkala.co/2023/03/27/hiperealitas-dalam-punyan-kayu-ane-masaput-poleng-di-tegal-pekak-dompu/ (diakses pada tanggal 1 april 2024).
Putry, Raihan. (2018). “Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Prespektif Kemdiknas”. Internasional Journal of Child and Gender Studies. Vo.4. No. 1. Hal. 39-54.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Syafruddin, dkk. (2023). “Transformasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol.5. No.2. Hal.4712-4718.
Tim Penyusun. (2011). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Kemendiknas Kemendiknas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.