PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22713Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe think talk write, media gambar berseri, keterampilan menulis, teks nonfiksiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V SDN Keboananom Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi-eksperimental yang menggunakan posttest only control. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas V SDN Keboananom Sidoarjo. Pemilihan sampel dilakukan melalui purposive sampling, dimana kelas V A dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas V C sebagai kelompok kontrol. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan posttest. Data yang terkumpul akan diproses dan dianalisis secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan yang terakhir uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000, kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V sekolah dasar.Downloads
References
Nursya’bani, K., & Firdaus, A. R. (2021). Pembelajaran Online Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Memahami Teks Non Fiksi Di Kelas 5 Dalam Masa Pandemi Covid 19. Journal of Elementary Education, 04(05), 5. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5564
Kusmayani, A. (2023). Pembentukan Keterampilan Menulis Nonfiksi Siswa Kelas V SDN 069 Cipamokolan Jawa Barat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 9–18. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/2199
Putri, N. A., Asrin, & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 134–139. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1682
Salsabila, R., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2024). Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 76–84. https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19115
Setyaningrum, I. D. (2023). Penggunaan Media Cerita Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 517–524. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Shaffiyah, S. M., & Kosmajadi, E. (2024). Penerapan Model Kooperatif Learning Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(2), 113–122. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7676
Sugiharti, R. E., & Anggiani, R. A. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 9–19. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v9i2.3252
Wahyuni, F., & Herlinda, H. (2021). Paradigma Pembelajaran Efektif Bahasa Dan Sastra Indonesia. Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 40. https://doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12786
Yuliani, Y., Ikhsan, M. T. H., & Kurniasari, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (Ttw) Berbantu Media Gambar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1), 48–54. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/38
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.