PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 84 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22711Keywords:
Model problem based learning, Hasil Belajar, Ranah KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan sebelum dan
sesudah di terapkan model pembelajaran problem based learning (PBL)
Berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V SDN 84
Singkawang, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS setelah di
terapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) Berbantuan Canva
untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V SDN 84 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian eksprimen semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas V SDN 84 Singkawang dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengambilan
sampel yaitu teknik non probability dengan jenis purposive sampling yaitu siswa
kelas V SDN 84 Singkawang dengan siswa sebanyak 18 responden. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pengukuran. Teknik analisis data
yaitu rata-rata uji Sample T-Test, uji Independent Sampel T-Test, dan
menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat
perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model
Problem Based Learning berbantuan canva terhadap hasil belajar IPAS siswa pada
ranah kognitif, 2) Model Problem Based Learning berbantuan canva dapat
meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,66 pada mata Pelajaran IPAS. Di tandai
dengan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan model pembelajaran problem
based learning berbantuan aplikasi canva pada pre-test dengan nilai rata-rata 41,70
sedangkan pada post-test terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata 79,50.
Downloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U.,
Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin,
Masita, Ardiawan, K. N., & S.ari, M.
E. (2021). Buku Metodologi
Penelitian Kuantitatif. Yayasan
Penerbit Muhammad Zaini.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022).
Pemanfaatan Aplikasi Canva
Sebagai Media Pembelajaran
Matematika Di SMPN 1 NA IX-X
Aek Kota Batu. Jurnal Pendidikan
Matematika, 6 (2)(02), 1325–1334
Rahman, A., Munandar, A. S., Fitriani,
A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022).
Pengertian Pendidikan,Ilmu
Pendidikan dan Unsur-unsur
Pendidikan. Kajian Pendidikan
Islam, 2 (1).
https://journal.unismuh.ac.id/index.
php/alurwatul
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Kuantitatif. ALFABETA. https://digi-
lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/e
book/feb_35efe6a47227d6031a75
569c2f3f39d44fe2db43_16520790
47.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.