Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Raja Sinadin Karya Harianto

Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat

Authors

  • Regisaputri Erianty Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Eti Sunarsih Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Lili Yanti Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33466

Keywords:

nilai karakter, Cerita Rakyat, sosiologi sastra

Abstract

Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Raja Sinadin karya Harianto serta implementasinya dalam modul ajar Bahasa Indonesia di jenjang SMA. Cerita rakyat sebagai warisan budaya lokal memiliki potensi besar dalam penguatan karakter peserta didik, namun masih minim kajian akademik terkait integrasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan landasan sosiologi sastra. Data berupa kutipan yang mengandung nilai karakter dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat. Hasil analisis menemukan 24 data nilai olah hati, 22 olah pikir, 2 olah raga, dan 6 olah rasa dan karsa. Nilai-nilai tersebut selaras dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk kelas X Fase E, khususnya dalam aspek pemahaman dan evaluasi teks. Temuan ini menunjukkan bahwa cerita rakyat dapat menjadi media yang efektif untuk penguatan karakter sekaligus pelestarian budaya. Oleh karena itu, disarankan pemanfaatannya dalam modul ajar secara kontekstual dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M., Sudibyo, A., & Kurniawan,

R. (2021). Nilai religiusitas dan

kepedulian lingkungan dalam cerita

“Sendang Widodari”. Jurnal Ilmu

Pendidikan dan Sastra, 9(1), 45–56.

Fitriyah, L., Suryani, S., & Febriyanto,

D. (2022). Pendidikan karakter

berbasis kearifan lokal pada program

studi pendidikan bahasa dan sastra

Indonesia. GERAM: Gerakan Aktif

Menulis, 10(2), 23–31.

https://doi.org/10.25299/geram.2022

.vol10(2).10582

Gusnetti, D., Marlina, L., & Fitri, N.

(2015). Nilai-nilai karakter dalam

cerita rakyat Sumatera Barat. Jurnal

Bahasa dan Sastra, 6(2), 114–122.

Harianto. (2016). Raja Sinadin. Jakarta:

Badan Pengembangan dan

Pembinaan Bahasa, Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Nuryatin, A. (2017). Revitalisasi nilai-

nilai pendidikan karakter dalam

cerita rakyat melalui pembelajaran

sastra di sekolah menengah. Jurnal

Pendidikan Karakter, 7(2), 120–131.

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.217

78

Downloads

Published

2025-10-16

Most read articles by the same author(s)