Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Raja Sinadin Karya Harianto
Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33466Keywords:
nilai karakter, Cerita Rakyat, sosiologi sastraAbstract
Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Raja Sinadin karya Harianto serta implementasinya dalam modul ajar Bahasa Indonesia di jenjang SMA. Cerita rakyat sebagai warisan budaya lokal memiliki potensi besar dalam penguatan karakter peserta didik, namun masih minim kajian akademik terkait integrasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan landasan sosiologi sastra. Data berupa kutipan yang mengandung nilai karakter dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat. Hasil analisis menemukan 24 data nilai olah hati, 22 olah pikir, 2 olah raga, dan 6 olah rasa dan karsa. Nilai-nilai tersebut selaras dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk kelas X Fase E, khususnya dalam aspek pemahaman dan evaluasi teks. Temuan ini menunjukkan bahwa cerita rakyat dapat menjadi media yang efektif untuk penguatan karakter sekaligus pelestarian budaya. Oleh karena itu, disarankan pemanfaatannya dalam modul ajar secara kontekstual dan berkelanjutan.
Downloads
References
Ahmadi, M., Sudibyo, A., & Kurniawan,
R. (2021). Nilai religiusitas dan
kepedulian lingkungan dalam cerita
“Sendang Widodari”. Jurnal Ilmu
Pendidikan dan Sastra, 9(1), 45–56.
Fitriyah, L., Suryani, S., & Febriyanto,
D. (2022). Pendidikan karakter
berbasis kearifan lokal pada program
studi pendidikan bahasa dan sastra
Indonesia. GERAM: Gerakan Aktif
Menulis, 10(2), 23–31.
https://doi.org/10.25299/geram.2022
.vol10(2).10582
Gusnetti, D., Marlina, L., & Fitri, N.
(2015). Nilai-nilai karakter dalam
cerita rakyat Sumatera Barat. Jurnal
Bahasa dan Sastra, 6(2), 114–122.
Harianto. (2016). Raja Sinadin. Jakarta:
Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Nuryatin, A. (2017). Revitalisasi nilai-
nilai pendidikan karakter dalam
cerita rakyat melalui pembelajaran
sastra di sekolah menengah. Jurnal
Pendidikan Karakter, 7(2), 120–131.
https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.217
78
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.