IMPLEMENTASI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Inayah Kesi Lia Inayah Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Sofwan Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Hendra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22352

Keywords:

Implementasi, Kegiatan Kewirausahaan, Karakter Percaya Diri, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan kewirausahaan dalam pembentukan karakter percaya diri siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas VB. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan kewirausahaan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berhasil mendukung pencapaian indikator karakter percaya diri siswa. Pada tahap perencanaan, siswa secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok, menyampaikan ide, serta merancang strategi produk, yang mengembangkan keberanian berpendapat dan kemampuan berpikir kreatif. Pada tahap pelaksanaan, siswa menunjukkan kemampuan bertindak mandiri dalam menyelesaikan tugas, seperti memilih bahan, mengemas produk, hingga memasarkan hasil karya mereka. Indikator yang dicapai meliputi keberanian mengemukakan pendapat, kemampuan mengambil keputusan tanpa bergantung pada orang lain, keterlibatan aktif dalam kelompok kerja, serta kepercayaan diri dalam menyelesaikan tugas dengan hasil yang optimal. Sedangkan tahap evaluasi memberikan siswa kesempatan untuk merefleksikan proses dan menerima apresiasi, yang memperkuat rasa percaya diri dan penghargaan terhadap kemampuan diri mereka. Dari hasil penelitian mengenai implementasi kegiatan kewirausahaan terbukti efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui keberanian berpendapat, kemandirian dalam mengambil keputusan, keterlibatan aktif dalam kegiatan, dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran berbasis kewirausahaan di sekolah dasar sebagai upaya membentuk karakter positif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chawa, A. F., Amiruddin, L., Rozuli, A. I. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengelaman Dari Lapangan. Depok: Rajagrafindo Persada.

Hendriani, M., Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430-2439.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Kurniawan, J., Nurachadijat, K. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Keterampilan pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Journal on Education, 6(1), 406-419.

Laili, P., Wathon, A. (2020). Peran Dan Manfaat Edupreneurship Bagi UMKM. Sistim Informasi Manajemen, 3(2), 132-155.

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., Marsitah, I. (2024). Perencanaan Pembelajaran Yang Interaktif Dalam Menumbuhkan Critical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 10-10.

Suhartati. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas X Man 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(April).

Downloads

Published

2025-03-30