MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 80/1 MUARA BULIAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16614Keywords:
Keterampilan Sosial, Discovery Learning, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan sosial untuk peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya SDN 80/1 Muara Bulian. Berdasarkan hasil observasi awal penelitian terdapat bahwa di SDN 80/1 Muara Bulian di Kelas IV bahwa keterampilan sosial yang dimiliki oleh peserta didik masih rendah terlihat bahwa kurangnya kolaborasi atau kerjasama antar peserta didik dan masih banyak peserta didik yang melontarkan bahasa yang tidak sopan kepada temannya. Penelitian Tindaka Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus dengan setiap siklus 2 pertemuan dimana data yang diambil dari lembar observasi keterlaksanaan guru dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan lembar observasi keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaan IPAS telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan sosial peserta didik. Pada awalnya, keterampilan sosial berada pada tingkat 56,42% pada siklus pertama, namun meningkat menjadi 76,22% pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model Discovery Learning dalam pembelajaran IPAS telah berhasil meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas IV sekolah dasar.Downloads
References
Djamarah, S. B. & Zain, A. 2014. Strategi Belajar–Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O., (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayah, S. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial Kelas Ivb Pada Muatan Ips Melalui Model Pembelajaran Pbl. Basic Education, 8(8), 738-745
Hosnan, (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad
Kusumaningrini, Dyah Lukita, and Niko Sudibjo. 2021. “The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19.” Akademika 10(01): 145–61.
Nurrohmah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Sosial Dan Pemahaman Materi Interaksi Sosial Budaya (Penelitian pada Peserta didik Kelas V di Desa Jumoyo) (Doctoral dissertation, Skripsi)
Putrayasa, I B et al. 2022. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kecerdasan Interpersonal Dan Keterampilan Sosial Pada Pelajaran IPA Terintegrasi Sekolah Dasar.” 12(2): 100–109.
Ramadhan, G. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Mutiara Pedagogik, 3(1), 52-6
Siregar, T. J. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 99-107
Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.