ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF SISWA MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22350Keywords:
Karakter kreatif, Kewirausahaan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter kreatif siswa melalui kegiatan kewirausahaan di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memfokuskan pada kontribusi kegiatan kewirausahaan terhadap pengembangan kreativitas siswa, termasuk menghasilkan gagasan, karya, dan tindakan yang orisinal, serta fleksibilitas berpikir dalam menghadapi masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kewirausahaan, seperti market day dan proyek berbasis tema kewirausahaan, mampu mendorong siswa untuk berinovasi, menghasilkan produk unik, dan berpikir out of the box. Aktivitas ini juga mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, dan keberanian mengambil risiko. Kesimpulannya, program kewirausahaan secara signifikan berkontribusi pada pembentukan karakter kreatif siswa, sehingga direkomendasikan agar sekolah terus mendukung kegiatan serupa untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.Downloads
References
Diah Utami, R., & Fitriyani, R. W. (2017). Membangun Karakter Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pembuatan Kerajinan Recycle. University Research Colloquium, 193-197
Fadhilah, U., Azizah, M., Roshayanti, F., & Handayani, S. (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 4435–4440.
Ghozali, M., Ekawati, D., & Saidah, N. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Berbasis Program Sekolah. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(3), 452. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.530
Haryanto, B. T. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Kreatif Di Smp N 34 Semarang. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan, 967–978.
Jahnke, I., Haertel, T., & Wildt, J. (2017). Teachers’ conceptions of student creativity in higher education. Innovations in Education and Teaching International, 54(1), 87–95. https://doi.org/10.1080/14703297.2015.1088396
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Profil Pancasila.
Khairunisa, D. (2020). Menumbuhkan Karakter Kreatif dan Peduli Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 3(1), 85–101. http://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.