ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUKAMAKMUR 02
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22157Keywords:
Media Pembelajaran Digital, Matematika, Motivasi Belajar, SiswaAbstract
Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi dunia pendidikan. Oleh karena itu, seorang guru harus lebih aktif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah pembelajaran, terutama pembelajaran matematika yang dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran digital dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Sukamakmur 02. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan triangulasi untuk memperoleh data yang valid melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital mampu meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari antusiasme dan partisipasi siswa, baik secara individu maupun kelompok dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik. Namun, penelitian juga menemukan beberapa kendala seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan literasi digital di daerah tersebut. Maka solusi untuk hambatan ini yaitu diperlukan edukasi digital yang berkelanjutan serta kerjasama pemangku kepentingan sekolah untuk meningkatkan fasilitas teknologi yang memadai.Downloads
References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Ainaya Hanum Lutfia, Kusumaningsih, W., & Suneki, S. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Math Playground Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Materi Pengurangan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3676–3684. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1220
Damasanti, L., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 1 Krian. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 19–25. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.5902
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland).
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.25
McGill, T., & Bax, S. (2005). Learning IT. International Journal of Information and Communication Technology Education, 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103
Murni, D. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. 07(2021), 1118–1128.
Ramadhanty, S., Amaliyah, A., & Hasan, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Journal of Education Research, 5(3), 2868–2873. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1370
Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Taher Rahma, D. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Analisis Media Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, 4, 1349–1358.
Tauhid, K., Safari, Y., & Rahmalia, S. M. (2024). Pentingnya konsep dasar matematika di sekolah dasar. 3, 9847–9855.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.