PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA INDONESIAKU KAYA BUDAYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Authors

  • Novia Rovalanda Sembiring Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Beta Rapita Silalahi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21725

Keywords:

pendidikan, media, kurikulum

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Proses pembelajaran ini merupakan implementasi dari kurikulum karena kurikulum berfungsi sebagai landasan yang memberikan arah dan tujuan pembelajaran. Pada masa sekarang ini, kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka Belajar. Namun, berdasarkan  observasi yang dilakukan dikelas IV UPT SPF SD Negeri 106177 Tungkusan Kecamatan STM Hilir, ditemukan peserta didik kurang fokus mengikuti pembelajaran. Proses belajar mengajar dikelas berpusat pada guru sehingga menjadikan peserta didik kurang aktif mengikuti pembelajaran. maka dari masalah diatas  solusi yang dapat dilakukan dengan menentukan media pembelajaran yaang tepat yaitu menggunakan multimedia interaktif. Media ini adalah media digital yang dapat diakses melalui handphone, laptop, komputer  dan hardware lainnya. Multimedia Interaktif ini merupakan sarana media yang didalamnya terdapat kombinasi antara teks, animasi, video dan suara yang mampu menarik minat peserta didik karena penggunaannya sesuai dengan kemajuan zaman, sehingga dengan ini hasil belajar siswa dapat dicapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan suatu media pembelajaran multimedia interaktif sekaligus menguji kelayakan produk yang dihasilkan, sehingga layak digunakan dan untuk melihat respon siswa terhadap multimedia interaktif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) Data tingkat kelayakan media multimedia interaktif  dapat diukur dari tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan dengan hasil diketahui bahwa presentase hasil vaalidasi respon siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri 106177 Tungkusan Kecamatan STM Hilir sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. validasi materi tahap I diperoleh jumlah skor 63 dari skor maksimum 75 dengan persentase 84% dan dikategorikan Layak (Layak digunakan setelah revisi).a hasil validasi materi tahap II diperoleh jumlah skor 71 dari skor maksimum 75 dengan persentase 94,6% dan dikategorikan Sangat Layak (Layak digunakan tanpa revisi). hasil validasi media tahap I diperoleh jumlah skor 67 dari skor maksimum 95 dengan persentase 70,6% dan dikategorikan Layak (Layak digunakan setelah revisi).hasil validasi media tahap II diperoleh jumlah skor 82 dari skor maksimum 95 dengan persentase 86,3% dan dikategorikan Sangat Layak (Layak digunakan tanpa revisi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103-115.

Andini, F., Barokah, P. R., Lase, R. A. N., Mulyani, R., & Gea, S. H. H. (2024). ANALISIS ANTUSIASME SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI DESA KERAPUH, KECAMATAN DOLOK MASIHUL. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(1), 46-50.

Ansari, I., Sujarwo (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Hidup Bersih Dan Sehat Kelas II SDIT Syifaurrahmah Kecamatan Patumbak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 4(2), 273-289.

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168-175.

Bachtiar, A. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 SEMARANG (UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534.

Fadlan, M. N & Purba. N. (2023). Pendidikan karakter. Medan: Merdeka kreasi.

Fahroza D.M. 2020. Pengembangan Media Big Book Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Kelas V SDN 5 Klaling Kudus. 55

Fitri, A, Rasa, A. A, Kusumawhardani, A, Nursya’bani, K. K, Fatimah, K, Setianingsih, N. I. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Hrp, N. A., Masruro. Z., Saragih. S. Z., Hasibuan. R., Simamora. S. S., & Toni. (2022) .Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran.Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Junpahira, S. V., & Pahlevi, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP Di SMK Nurul Islam Gresik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 149-171.

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran Dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn Dan Hukum, 14(1), 152–173.

Kusuma, J. W., Supardi, M. P., Akbar, M. R., Hamidah, M. P., Ratnah, M. P., Fitrah, M., & Sepriano, M. (2023). Dimensi media pembelajaran.

Lubis, A. P. A. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkankemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Marlina, T. (2022, Juni). Urgensi dan implementasi implementasi kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72).

Melisa, AD, & Fadlan, MN (2023). Pengembangan video animasi berbantuan doratoon pada tema makanan sehat di kelas V sekolah dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 4 (2), 901-908.

Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Prayogo, P. D. (2015). Pengembangan multimedia interaktif tematik untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, (7).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Ramadhani. F, 2022, Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Makanan Tradisional Khas Daerah Melayu, UMNAW, MEDAN

Rapita, B. (2022) .Pembelajaran IPS SD.

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia pembelajaran interaktif untuk guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10-16.

Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56-63.

Rozie, F., & Pratikno, A. S. (2023). Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rena Cipta Mandiri.

Sari, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141-152.

Sari, R. A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Pada Pembelajaran Ipa Materi Menjelajah Angkasa Luar Di Kelas Vi Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Shaquille, T. A. F., & Zen, B. P. (2023). Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 252-265.

Silvani, N., & Silalahi, B. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Pada Tema “Keragaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SD. Indo Green Journal, 1(1), 33-39

Sungkar, M. S., Kadir, D., Palayukan, H., Megavitry, R., & Punggeti, R. N. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi bagi Guru. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2856-2861.

Surbakti, O. L. B. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN POWER POINT DENGAN PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA 5 CUACA. UMNAW.

Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737-3743.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.

Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349-361.

Zega, I. D., Ziliwu, D., & Lase, N. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Web Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 430-439.

Downloads

Published

2025-03-09