PENERAPAN MEDIA GAME WORDWALL DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD IT AN-NAFIS TELUK MENGKUDU

Authors

  • Sindy Ramadhani universitas muslim nusantara al-washliyah
  • Beta Rapita Silalahi Universitas Muslim Nusantara Al Washliya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28143

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar matematika siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu. Selain itu, pada penyampaian pembelajaran belum menerapkan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis IPTEK. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu berjumlah 20 siswa. Teknik prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan metode lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa penerapan media game wordwall dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD IT An-Nafis Teluk Mengkudu. Hal ini dapat dilihat dari siklus I diperoleh persentase sebesar 58% artinya setengahnya siswa berminat belajar matematika dengan menggunakan media game wordwall sedangkan siklus II diperoleh persentase sebesar 79% artinya hampir selurunya siswa memiliki minat belajar matematika dengan menggunakan media game wordwall.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jamaluddin dan Andi Hajar,

Keterampilan Mengajar, Cet. I,

(Banyumas: No. Pena Persada

Kerta Utama, 2022)

Juwita, P. (2021). Sosialisasi media

Appsgeyser untuk meningkatkan

pembelajaran di masa pandemi

di SMK Al Washliyah 4 Medan.

Prosiding Seminar Nasional

Hasil Pengabdian, 2021, 267–

275.

Kamila, Z., & Kowiyah. (2023).

Pengembangan Media z

Pembelajaran k Interaktif

Berbasis Canva. Jurnal

Cendekia: Jurnal Pendidikan

Matematika, 07(1), 72–83.

Lestari, D. A. A., Suntari, Y., & Soleh,

D. A. (2021). Pengembangan

Multimedia Interaktif Berbasis

Google Slide Pada Muatan Ips

Materi Sikap Kepahlawanan Dan

Patriotisme Di Kelas IV Sekolah

Dasar. ETJ (Educational

Technology Journal, 1(2), 54–

65.

Pasaribu, A. Y. L., Harahap, Y. S.,

Hasanah, Siregar, N., & Lubis, H.

M. (2024). Upaya Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika Materi

Bangun Datar dengan

Pendekatan Matematika

Realistik di Kelas V SD.

JPRONUS: Jurnal Pendidikan

Profesi Guru Nusantara, 1(2),

21–29.

Sukmawarti, & Khayroiyah, S. (2020).

Desain Asesmen Alternatif

Matematika SD. Prossiding

Seminar Hasil Penelitian 2019,

Universitas Muslim Nusantara

Downloads

Published

2025-07-11