PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA

Authors

  • Putri Radlia Ingeswari UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Bambang Sri Anggoro Pendidikan Matematika FTK UIN Raden Intan Lampung
  • Iip Sugiharta Pendidikan Matematika FTK UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21563

Keywords:

Realistic Mathematic Education, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang terdapat pada siswa SMPN 06 Tulang Bawang Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) terhadap komunikasi matematis pada siswa, untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan untuk mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dengan self efficacy terhadap komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang di pakai dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Dilakukan penelitian eksperimen, siswa mendapatkan perlakuan pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kontrol yaitu siswa mendapatkan perlakuan model pembelajaran direct intruction. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 06 Tulang Bawang Barat pada TA. 2023/2024, semester genap bersampel 90. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan  cluster random sampling, Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Sebelum melakukan pengujian dengan uji anova, maka data yang digunakan haruslah berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pengaruh pengaruh model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) terhadap komunikasi matematis pada siswa. 2) Terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 3) Terdapat adanya interaksi antara model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education ) dengan self efficacy terhadap komunikasi matematis siswa.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, F. (2024) ‘Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Indonesia’, Educazione: Jurnal Multidisiplin, 1(1), Pp. 13–24.

Amelia, A. Et Al. (2024) ‘Hubungan Interaksi Edukatif Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pai Di Smk N 1 Kinali’, Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 1(4), Pp. 243–253.

Awaliyani, S., Ummah, A.K. And Jember, N.I. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh’, Indonesian Journal Of Teacher Education, 2(1), Pp. 246–252.

Franzna Paramita, A., Nasution, A.R. And Yulizah, Y. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Rrealistic Mathematic Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Rejang Lebong. Phd Thesis. Institut Agama Islam Negeri Curup. Available At: Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/7158/ (Accessed: 24 October 2024).

Gunur, B. Et Al. (2023) ‘Dampak Self-Regulation Dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’, Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Pp. 132–142.

Lestari, H. (2020) ‘Peningkatan Pemahaman Nature Of Science (Nos) Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Tingkat Efikasi Diri’, Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), Pp. 219–242.

Lisa, L., Dewi, I. And Simamora, E. (2023) ‘Perspektif Filsafat Pendidikan Matematika Tokoh Masyarakat Aceh Utara Dalam Praktik Perhitungan Faraid’, Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(2), Pp. 189–202.

Nasution, R.A. (2023) ‘Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Self-Efficacy Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik’, Tugas_ Akhir (Artikel) Jurnal Basicedu: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), Pp. 798–806.

Nawallia, A. And Mishriya, N. (2024) ‘Kontribusi Ilmuwan Muslim Dalam Pembentukan Matematika Dan Perkembangan Matematika Dalam Sejarah Peradaban Islam’, Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), Pp. 202–212.

Nurhayati, P., Asikin, M. And Zaenuri, Z. (2021) ‘Studi Literatur Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Model Pembelajaran Trefinger Dan Asessmen Kinerja’, Ijois: Indonesian Journal Of Islamic Studies, 2(2), Pp. 249–275.

Purba, F.Y. And Rajagukguk, W. (2024) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’, Kognitif: Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 4(1), Pp. 68–85.

Putri, L.S., Setiani, Y. And Santosa, C.A.H.F. (2023) ‘E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Pengetahuan Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah’, Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), Pp. 880–890.

Safitri, N., Alyani, S.D. And Umriah, S. (2024) ‘Etimologi Dan Perkembagan Konsep Matematika Dalam Islam’, Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), Pp. 270–285.

Sudiman, A., Habsyi, R. And Saleh, R.R. (2023) ‘Pembelajaran Geometri Berbantuan Goegebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’, Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), Pp. 1156–1161.

Susianita, R.A. And Riani, L.P. (2024) ‘Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi’, Prosiding Pendidikan Ekonomi, Pp. 1–12.

Wally, N. Et Al. (2024) ‘Analisis Hambatan Belajar Matematika Bagi Siswa Sd Pada Materi Pecahan’, Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 4(3), Pp. 190–195.

Downloads

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)