PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Arie Dwiyanti universitas pendidikan indonesia
  • Babang Robandi Pendidikan Dasar Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21500

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan pedagogik guru terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersama dengan studi kepustakaan. Peneliti akan menggunakan kepustakaan yang relevan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dalam teori pencarian mereka.  Sumber kepustakaan dapat berasal dari buku, jurnal, majalah, hasil penelitian, dan sumber lain yang relevan. Setelah membaca teks, analisis ini menafsirkan subjek penelitian.  Pertama, penelitian menemukan bahwa guru yang bekerja pada bidang pendidikan dasar secara keseluruhan memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, atau kompetensi kepribadian yang baik. Kedua, penelitian menemukan bahwa cara guru menggunakan media pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam bidang keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi siswa akan lebih baik jika profesionalisme guru ditingkatkan. Menurut penelitian, guru harus belajar bagaimana memotivasi siswa secara positif dan benar dan mengarahkan motivasi tersebut agar diterima dengan baik oleh siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Muslim. (2016). Eksistensi Akta Notaris Dalam Penguatan Legalitas Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini. Lex Renaissance, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, 1(2).

Ariyanti, T. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini dan Lingkungannya Main. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

De Gomes, F., Rahmat T, S., & Palmin, B. (2019). EVALUASI PENYELENGGARAAN KB DAN TKK DI KABUPATEN MANGGARAI BERDASARKAN NORMA, STANDAR, PROSEDUR, DAN KRITERIA DITJEN PAUD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 44–60.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). 4.

Frinza, & Meidiana. (2019). Integrasi Kewirausahaan Melalui Pendirian Lembaga PAUD Sebagai Salah Satu Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas PGRI Palembang. file:///C:/Users/SAUMI/Downloads/admin,+Frinza,+dan+Meidiana.pdf

Manajemen, K. D. (n.d.). Konsep Dasar Manajemen Pendirian Lembaga TK/PAUD. 1–30.

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Lembaga PAUD Untuk Pengelola Pemula. CV Istana Agency Istana Publishing.

Nurjanah, N. E., Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(6), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Rohmat. (2017). Manajemen Pendidikan anak usia dini Rohmat. IAIN Purwokerto.

Selatan, J. (2015). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendirian Lembaga PAUD. 1, 55–68.

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Pustaka Pelajar.

Syah, M., Damayanti, E., & Zahra, I. (2023). Mengerti Anak Usia Dini:Landasan Psikologi PAUD. Penerbit Feniks Muda Sejahtera. https://www.google.co.id/books/edition/MENGERTI_ANAK_USIA_DINI_Landasan_Psikolo/B3bdEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pentingnya+mendirikan++Lembaga+PAUD&pg=PA39&printsec=frontcover

Terry, G. R. (1972). Principles of Management. Richard D. Irwin, Inc.

Ulfa, M., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Perencanaan dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.35719/leaderia.v1i1.9

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)