PERANAN GURU PENGGERAK ATAS KEPEMIMPINAN HEBAT DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Iis Emalia Nurlela Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yunus Abidin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21182

Keywords:

Kata Kunci: Guru penggerak,  Kepemimpinan , Sekolah Dasar

Abstract

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim membuat gebrakan yang cukup revolusioner. Salahsatunya dengan mengeluarkan kebijakan program “Guru Penggerak”. Tujuan utama program guru penggerak ini salahsatunya adalah untuk memberikan pemahaman yang mendasar pada guru diantaranya kemampuan dalam pembelajaran dan pedagogik sehingga harapannya mampu menggerakkan lingkungan belajar baik didalam maupun diluar sekolah. Program Guru Penggerak ini yang nantinya akan melahirkan para pemimpin baik sebagai pemimpin dikelasnya masing-masing dan lebih jauh lagi seorang pemimpin di satuan pendidikan sekolah dasar.Berbicara tentang kepemimpinan dari satuan pendidikan sekolah dasar ini, tidak terlepas dari seorang kepala sekolah sebagai pemimpin yang menjadi tokoh sentral dalam sebuah sekolah. Program pendidikan calon guru penggerak yang nantinya akan melahirkan para pemimpin yang akan memimpin perubahan disekolahnya masing-masing sesuai dengan mottonya yaitu bergerak, tergerak dan menggerakkan. Para calon kepala sekolah yang dilahirkan dari program pendidikan guru penggerak diharapakan akan mampu membuat inovasi, perubahan serta selalu memberikan inspirasi bagi semua komponen yang ada di sekolah dasar yang pada akhirnya akan menjadi penggerak untuk memimpin roda perubahan pendidikan Indonesia. Pendidikan yang ditempuh selama berbulan- bulan yang ikuti oleh para calon guru penggerak sudah tidak diragukan lagi tentukan akan menghasilkan para pemimpin hebat yang ada di satuan pendidikan sekolah dasar yang nantinya akan berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Kata Kunci: Guru penggerak,  Kepemimpinan , Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v6i3.2918

Dewi, I. K., Putri, F. M., Puspadiningrum, D. N. R.,

Puspadiningrum, & Amin, S. (2021). Jurnal Puruhita

Tanggamus. Puruhita, 3(2), 70–

75.

Haryanto, A. T., & Dewi, S. N. (2020). Peran Kepemimpinan Efektif dan Kedisiplinan Terhadap Komitmen Organisasi dan Motivasi Maslow Pada Kinerja Tugas Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 801–812.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v4i4.448

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif. v2i2.138

Mansyur, A. R. (2021). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i 2.113

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3),

10228–10233.

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v 6i5.2624

S.Pd., D. U. Q. (2022). Peran Guru

Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. https://doi.org/10.22146/jkn.7174 1

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang,

A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130–144. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.40 4

Downloads

Published

2024-12-31