ADAPTASI GURU TERHADAP PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR (PENELITIAN STUDI KASUS TERHADAP GURU DI SDN CIPAKU 03 KECAMATAN PASEH)

Authors

  • Ridha Haifarashin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ai Lisnawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nur Laeli Asyahidah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeyen Sormin Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Ridwan Sutisna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ranu Sudarmansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21091

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Teknologi, dan Platform Merdeka Mengajar

Abstract

Penelitian ini membahas adaptasi guru di SDN Cipaku 03 terhadap penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi ini sangat membantu guru muda, namun menjadi tantangan bagi guru senior yang kurang menguasai IT. Selain itu, keterbatasan infrastruktur seperti proyektor dan laptop juga menghambat optimalisasi PMM. Solusi yang diusulkan meliputi pelatihan, pendampingan, serta perbaikan infrastruktur. Dengan kolaborasi guru dan dukungan sekolah, PMM diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai prinsip Merdeka Belajar. Dukungan dari pihak sekolah, khususnya dari kepala sekolah, terhadap penggunaan PMM di SDN Cipaku 03 mendukung secara penuh. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, G., & Winarti, W. (2023). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu): Problems Using the Free Teaching Platform for Teachers in Areas Without an Electric Network (Study at SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103-112.

Anwar, C., & Utami, R. P. 2023. Analisis Problematika Guru Dalam Membuat Aksi Nyata Pada Platform Merdeka Mengajar. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 353-360.

Arnes, A., Muspardi, & Yusmanila. 2023. Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 68.

Priantini, D. M., Suarni, K. N., & Adnyana, I. S. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjamin Mutu, 238-244.

Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3, 113–122.https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2929

Riowati, & Yoenanto, N. 2022. Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan Di Indonesia. Joeai (Journal Of Education and Instruction), 2003-2005.

Sari, A. L., Pramesti, C., Suryanti, & R.S., R. S. 2022. Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 63-72.

Kataren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan,N., & Simanjuntak, R. 2022. Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4

Musthaq, I., & Khan, S. N. 2012. Factors Affecting Students’ Academic Performance.  Global Journal of Management and Business Research.

Utomo, U., & Kusumawati, D. (2024). Implementasi Pelatihan Mandiri Platform  Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan  MI/SD, 4(1), 61–72. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1089

Wahyudi, A., & Setiawan, R. (2023). Kesiapan Guru dalam Implementasi Teknologi  Digital di Era Kurikulum Merdeka. Jakarta: Penerbit Eduka.

Downloads

Published

2024-12-25