IMPLEMENTASI SISTEM EVALUASI PENILAIAN DAN EVALUASI PENGUKURAN DI SDI SURYA BUANA KOTA MALANG

Authors

  • Dewi Anita Silvina Wahab Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Indah Aminatuz Zuhriyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Samsul Susilawati Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Mohamad Zubad Nurul Yaqin Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20852

Keywords:

Implementasi, Penilaian, Pengukuran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi sistem penilaian dan pengukuran di SDI Surya Buana Kota Malang. Setiap sekolah memiliki perbedan dan persamaan dalam hal implementasi sistem penilaian dan pengukuran. Artikel ini berfokus pada implementasi sistem penilaian dan pengukuran di SDI Surya Buana Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan studi literatur. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi, dokumentasi, artikel akademik, buku, artikel, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem penilaian dan pengukuran di SDI Surya Buana Kota Malang bahwa sekolah melaksanakan tiga sistem penilaian yaitu penilaian diagnostik, formatif, sumatif dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Saat pembelajaran sekolah lebih menekankan pada penilaian proses siswa. Penilaian di sekolah tersebut telah dilaksanakan secara adil karena orang tua, guru kelas, dan guru mata pelajaran saling berkerjasama dalam penyampaian hasil belajar yang diperoleh siswa. Sistem pengukuran yang diberikan sekolah tersebut kepada seluruh siswanya memiliki persamaan dengan sekolah lainnya, seperti: latihan-latihan, asesmen sumatif akhir tahun, dan lain sebagainya. Sekeloh tersebut menerapkan KKTP sebesar 73 hingga 75, dan tidak memberikan pekerjaan rumah kepada siswanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Ella Deffi Lestari, ed.). Jawa Barat: CV Jejak.

Barnawi, Himawan, D., Sauri, S., & Barlian, U. C. (2022). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. 7(1), 29–36. Retrieved from http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/

Basuki, I., & Haryanto. (n.d.). Asesmen Pembelajaran.

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Ella Deffi Lestari, ed.). Jawa Barat: CV Jejak.

Barnawi, Himawan, D., Sauri, S., & Barlian, U. C. (2022). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. 7(1), 29–36. Retrieved from http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/

Basuki, I., & Haryanto. (n.d.). Asesmen Pembelajaran.

Djuanda, D. (2013). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Finy Fitriani. (2021). Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 30–42. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.152

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran, konsep dan manajemen. In UNY Press.

Kastina, Z. V. K. (2017). Implementasi Sistem Penilaian dalam Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jom Fisip, 4(1), 1–15.

Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahanum. (2021). Tinjauan Kepustakaan. Alacrity : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Miller, M. D., Linn, R. L., & E.Gronlund, N. (2009). Measurement and assessment in teaching (10th edition). In Mary Harlan (Ed.), Asia Pacific Education Review (Vol. 4). Kevin M. Davis. https://doi.org/10.1007/bf03025364

Rona. (2018). Pengukuran Dan Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 1(1), 68–75.

Uno, H. B., & Koni, S. (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Urfah, N., Adelia, W., & Syamsiyah, N. (2022). Analisis Perbandingan Sistem Evaluasi Pendidikan Pada Kurikulum 2013 Dan Pendidikan Di Finlandia. Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(02). https://doi.org/10.47007/edu.v7i02.5540

Warsah, I., & Habibullah. (2022). Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 213–225. Retrieved from http://link.springer.com/10.1007/s00232-014-9701-9%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00232-014-9700-x%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmr.2008.11.017%0Ahttp://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1090780708003674%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1191

Downloads

Published

2024-12-30