IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DI SDI SURYA BUANA MALANG UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20886Keywords:
Implementasi, Penilaian Autentik, kualitas pembelajaran.Abstract
Penilaian autentik memberikan metode yang relevan dan komprehensif di saat keberhasilan siswa di dunia nyata bergantung pada kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan menerapkan pengetahuannya. Instrumen evaluasi yang dapat secara tepat mengukur unsur-unsur ini diperlukan karena penekanan dalam pendidikan beralih dari pengetahuan faktual ke pemahaman komprehensif dan keterampilan praktis. metode penelitian yang digunakan adalah Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam dan focus group discussion (FGD) dengan guru kelas 4, serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi metode. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Selain itu, metode penelitian ini juga menggunakan pendekatan studi literatur untuk mengeksplorasi peran penilaian di sekolah dasar. Pendekatan ini mencakup tinjauan menyeluruh terhadap literatur yang ada, termasuk jurnal akademik, buku, artikel, dan laporan penelitian yang relevan dengan topik tersebut. Penilaian autentik merupakan pendekatan evaluasi yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam konteks situasi nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari Konsep penilaian autentik menawarkan pendekatan yang relevan dan holistik dalam mengukur kemampuan siswa, tidak hanya dalam hal pengetahuan faktual tetapi juga keterampilan berpikir tingkat tinggi dan aplikasi pengetahuan. Jenis-jenis penilaian autentik seperti Performan Test (penilaian kinerja/observasi), Product Test (penilaian hasil kerja), serta Project Test (penilaian penugasan) menawarkan cara yang berbeda untuk mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam konteks yang bermakna. Kata Kunci: Implementasi, Penilaian Autentik, kualitas pembelajaran.Downloads
References
Achmad, Ghufran Hasyim et al. 2022. “Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4): 5685–99.
Adlini, Miza Nina et al. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974–80.
Asriyanti, Frita Devi, and Lilis Ariantul Janah. 2019. “Analisis Gaya Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 3(2): 183–87.
Chariri, Anis. 2009. “Landasan Filsafat Dan Metode Penelitian Kualitatif.” Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 31 Juli – 1 Agustus 2009.
Fikriyah, Musyriatul, Indrawati, and Agus Abdul Gani. 2015. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam.” Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember 4: 181–86.
Hotimah, Husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(3): 5.
LANNA, Frederico. 2013. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Jurnal Teknologi 1(1): 69–73.
Multin, Hegar A., Wahid Munawar, and Adam A. M. Noor. 2019. “Penyusunan Dan Analisis Tes Kinerja (Performance Test) Pada Kompetensi Praktik Memasang Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk.” Journal of Mechanical Engineering Education 5(2): 176.
Nirmayani, L. Heny, and Ni Putu Candra Prastya Dewi. 2021. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4(3): 378.
Nirwana, Ratih Rizqi. 2016. “Peer And Self Assessment Sebagai Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013.” Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA 3(2): 139–51.
Nisrokha. 2018. “Authentic Assessment (Penilaian Otentik).” Jurnal Madaniyah 8(2): 209–29.
Pendidikan, Implementasi, and Karakter Di. “2810-4954-1-Sm.” : 1–31.
Rustaman, Nuryani Y. 2006. “Penilaian Otentik (Authentic Assessment) Dan Penerapannya Dalam Pendidikan Sains.” Sekolah Pascasarjana UPI: 1–18.
“Setiaari Dkk.”
Subagia, I Wayan, and I G. L. Wiratma. 2016. “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(1): 39.
Suhendra, Ade. 2021. “Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Dirasatul Ibtidaiyah 1(1): 85–97.
Sutarna, Nana. 2016. “Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Geografi Gea 16(1): 34.
Zamtinah. 2014. “Performance Assessment : Kajian Bagi Efektivitas Peningkatan Profesionalitas Guru.” Invotex 10(2): 169–78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.