A MODEL EVALUASI UNTUK MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SDI AL-GHAFFAAR
PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34286Keywords:
Model, Evaluasi, Karakter.Abstract
Karakter salah satu permasalahan yang dapat dilihat pada sekolah. Karena setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, perlu adanya evaluasi yang diterapkan pada siswa. Agar meminimalisirkan terjadi kebosanan terhadap siswa. Karena karakter sangat berpengaruh munculnya kebosanan dalam belajar. Seorang guru melakukan evaluasi, dengan begitu beberapa merasa sama saja tidak ada perkembangan dalam merancang sistem pembelajaran. Sehingga siswa dapat merasa bosan dengan adanya sistem belajar secara terus menerus sama. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk keputusan yang sangat diperlukan dalam menentukan strategi belajar mengajar. Agar siswa dapat menerima suatu pelajaran dengan baik. Pada model evaluasi perlu rencana dengan baik dalam membentuk pendidikan karakter di SD Islam Al-Ghaffar bertujuan untuk melihat beberapa karakter terdapat pada siswa yang berpengaruh adanya evaluasi tersebut. Adapun data yang dapat dikumpulkan dapat berupa jurnal atau referensi yang relevan dan melakukan wawancara secara langsung bersama pihak sekolah. Evaluasi juga sangat penting untuk mendapatkan hasil. Dengan adanya evaluasi siswa dapat membentuk karakter. Topik atau masalah yang menjadi objek pembahasan. Evaluasi pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa. Evaluasi pembelajaran memainkan peran penting dalam pengajaran dan pembelajaran di mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Evaluasi yang efektif dapat memberikan wawasan tentang kemajuan siswa, membantu guru dalam perencanaan dan penyusunan kurikulum, serta mendorong peningkatan kualitas pengajaran. Dapat disimpulkan pada model evaluasi yang digunakan dapat mempermudah guru dan siswa melihat hasil model yang dilakukan dalam pembentukan karakter. Alasan memilih al-ghaffaa disekolah tersebut sangat membutuhkan evaluasi untuk membentuk suatu karakterr pada peserta didik
Downloads
References
Tri Yunianto Agung Setiawan, Pengembangan model evaluasi pendidikan karakter religius di SMP Kabupaten Demak, dalam Jurnal Manajemen pendidikan pascasarjana PGRI Semarang.
Irna Trisnani, Adelina Hasyim, dan Sulton Djasmi, Evaluasi Program Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri Terbuka 20 Bandar Lampung, dalam Jurnal FKIP Unila Brojonegiri.
Ardana, L. N., Vega, N., Kirana, P., & Sunaryati, T. (2023). Peran Penting Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 1–6.
Asrul, Sarigih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Perdana Publishing. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 237–249. http://ejournal.unp.ac.id/index.ph p/jupekhu/article/view/795
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2. 2721
Faujiah, N., Muwarni, S., & Driana, E. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Daarus Shofwah Bojonggede-Bogor. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 3(2), 9–20.
Haryati, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268. Jaelani, A., & Asvio, N. (2019). Evaluasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 2(Wulandari 2018), 75–86.
Leasa, M., Batlolona, J. R., Pattimura, U., Fisika, P. P., & Malang, U. N. (2017). Karakter Siswa Smkn13 Kota Malang. 6(1), 73–82. Magdalena, I.,
Rosnaningsih, A., Akbar, M., & Situmorang, R. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Wilayah Kota Dan Kabupaten Tangerang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1 76
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.