KONTRIBUSI PROGRAM LITERASI SEKOLAH PADA PROSES PEMBIASAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV DI SDN AENGDAKE I

Authors

  • Fitrimatus Sa’diyah STKIP PGRI Sumenep
  • Muhammad Misbahudholam AR STKIP PGRI SUMENEP
  • Ali Armadi STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20641

Keywords:

Program Literasi Sekolah, Tahap Pembiasaan, Minat Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV di SDN Aengdake I, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran GLS tercermin dalam kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, lingkungan yang mendukung literasi, dan pelibatan publik. Faktor pendukungnya meliputi adanya perpustakaan dan sudut baca, sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya pengelola perpustakaan dan kebiasaan membaca yang belum sepenuhnya terbentuk pada siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Big Book Berbasis Steam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.

AR, M. M., Asmoni, A., Aini, K., & Wardi, M. (2024). The Relationship of the 5th Batch Campus Teaching Program to Literacy and Numeracy Skills in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1999-2011.

Asmoni, A., & Hodairiyah, H. (2022, November). IMPROVING TEACHER ABILITY IN CLASSROOM MANAGEMENT POST COVID-19 PANDEMIC AT INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL, PANGARANGAN SUMENEP. In Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6).

Asmoni, A. (2019). KAPITALISME, PROFESIONALISME DOSEN, DAN PERAN PEMERINTAH PADA PENDIDIKAN TINGGI. Reflektika, 14(2), 103-126.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Armadi, A., AR, M. M., & Aini, K. (2022). Training and Coaching Strengthening Character Education Based On School Culture InThe Upper Class Of Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tamidung Batang-Batang. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144–151.

Azzahra Eka Irfana, Nurhasanah Aan, Hermawati Eli. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Di SDN 4 Purwawinangun. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol 09 No 02

Alfatih, A. (2017). Buku Pedoman Mudah Melaksanakan Penelitian Deskriptif Kualitatif.

Amalia, N., & Siregar, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia yang Berkemajuan. Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI MEMBACA BAHASA INDONESIA YANG BERKEMAJUAN, 55–60.

Daud, R. M. (2020). Sistem pendidikan Finlandia suatu alternatif sistem pendidikan Aceh. A-Raniry, 21–36.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Fath, A. M. Al. (2019). Membudayakan literasi di SDN 2 Karanggede kec. Arjosari Kab. Pacitan dengan menggunakan program (6-me). Ejournal STKIP PGRI Pacitan, 42–51.

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Hadiansah, D., & Sauri, R. S. (2021). Gerakan Literasi Baca-Tulis (Glbt) Dalam Membangun Ekosistem Sekolah Literat (Esl) Pada Sma Di Kabupaten Garut. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319

Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Enhancing Students’ Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 9(1), 253–268. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/43002

Hasibuan, A. T., Wulan, W., Simatupang, S., Rudini, R., & Ani, S. (2023). Dasar Telaah Sistem Pendidikan Finlandia Implementation of the World ’ S Best Education System in the Early Childhood Level : a Study of the Finnish Education System. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 133–136.

Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.

Mawlana, A. (2021). Makna Komunitas Literasi Bagi Masyarakat Kota Sumenep Dalam Pembangunan SDM. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 29.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press.

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

Sama’, S., & Budiyono, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Sensitivitas Moral Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 118–126.

Sentoso, A., Wulandari, A., Jacky, Octavia, Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6017/1945

Sulistyawati. (2023). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January).

Wibowo, W. (2019). Pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 279.

Wiguna, A. C., Oktari, D., Tobing, J. A. D. E., & Fajar, R. P. A. L. (2022). Problematika Literasi Membaca pada Generasi Penerus Bangsa dalam Menghadapi Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1478–1489.

Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan dan Teknologi, 1(1), 119-122.

Downloads

Published

2024-12-31